7 Pertanyaan Penting Untuk Bangun Visi Keluarga
Sumber: Google

Parenting / 2 April 2015

Kalangan Sendiri

7 Pertanyaan Penting Untuk Bangun Visi Keluarga

Theresia Karo Karo Official Writer
42330
Menjadi ayah merupakan perjalanan seumur hidup. Oleh sebab itu, penting bagi anda untuk menemukan visi keluarga mulia sedari dini. Menurut Gregory W. Slayton penulis 'Be A Better Dad Today', visi inilah yang akan membantu setiap anggota keluarga melihat kebaikan dari proses tumbuh bersama dan mengatasi badai kehidupan sebagai sebuah tim yang kuat dan penuh kasih.

Sejenak ajak pasangan anda untuk mulai membangun visi keluarga. Dan anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut dalam kurun waktu 5, 10 hingga 20 tahun mendatang.

  1. Hubungan seperti apa yang ingin anda miliki dengan ibu dan anak-anak anda? Misalnya, bagaimana anda ingin melakukan interaksi dengan mereka. Atau apa yang menjadi harapan anda tentang penilaian mereka terhadap anda sebagai seorang lelaki, suami, dan ayah?
  2. Model orang tua seperti apa yang anda ingin terapkan bagi anak-anak? Ketika mereka tumbuh dewasa, bagaimana anda ingin mereka mengingat kehidupan keluarga semasa anak-anak.
  3. Anda ingin anak anda dikenal sebagai siapa kelak dan anda ingin mereka bertumbuh sebagai siapa?
  4. Bagaimana anda ingin dikenal oleh anak-anak anda kelak? Suami atau istri seperti apa, atau ibu dan ayah yang seperti apa?
  5. Bagaimana anda menginginkan anak-anak berinteraksi dengan sesamanya, pasangannya serta anak-anak mereka di masa depan?
  6. Bagaimana anda ingin anak-anak berinteraksi dengan anda di masa depan? Hubungan seperti apa yang ingin anda miliki dengan mereka?
  7. Nilai-nilai inti apa yang akan mengikat keluarga? Nilai-nilai apa yang anda yakini sangat penting dalam kehidupan?
Visi ini bukan hanya membangun hubungan yang positif dan bersahabat terhadap keluarga anda saat ini. Namun, ini pula yang menjadi bekal bagi anak-anak anda dalam membangun keluarganya di masa depan. Bagaimana, siapkah anda membangun visi keluarga mulia tersebut?

Sumber : Be a Better Dad Today/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami