3 Wisata Ini Cerminkan Kerukunan Agama di Indonesia
Sumber: Wikimedia.org

Travel / 1 April 2015

Kalangan Sendiri

3 Wisata Ini Cerminkan Kerukunan Agama di Indonesia

Lori Official Writer
6513
Wisata tak hanya melulu berbicara soal kesenangan dan kepuasan menikmati panorama alam yang hijau dan indah. Pun tak hanya berbicara soal pengalaman baru soal tantangan mendaki puncak gunung atau menjelajah negara asing dan menemukan kedamaian lewat budaya dan kerukunan hidup masyarakatnya.

Lebih dari itu, wisata bahkan bisa dijadikan sebagai wadah pemersatu beragam agama. Demikian beberapa destinasi wisata ini berupaya untuk menawarkan pandangan baru serta daya tarik wisata baru lewat sentuhan keagamaan.

Bagi Anda yang hendak mencicipi wisata rohani yang mencerminkan kerukunan antarumat beragama di Indonesia, bisa mengunjungi wisata-wisata berikut:

1. Kompleks Puja Mandala, Bali


Source : www.wikipedia.org

Pura Mandala diartikan sebagai ruang untuk melakukan persembahyangan. Kawasan Puja Mandala di Nusa Dua, Bali menghadirkan nuansa keakraban antar agama lewat bangunan rumah ibadah seperti Masjid, Gereja Protestan, Katolik, Wihara, dan Pura.   Kelima rumah ibadah itu dibangun  di atas lahan seluas 2 hektar sejak tahun 1997.

Kita bisa melihat toleransi beragama ketika masing-masing penganut agama berbeda saling beribadah sesuai dengan jadwal ibadah masing-masing. Tempat ini membuktikan bahwa umat beragama Indonesia bisa hidup rukun saling berdampingan.

2. Bukit Kasih Kanonang, Minahasa


Source: blogspreneur.blogspot.com

Sulawesi Utara juga populer dengan sebutan wisata toleransi beragama. Salah satu wisata yang menyatukan lima agama berbeda adalah Bukit Kasih Kanonang di kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Wisata rohani yang ditempuh selama 2 jam dari kota Manado ini memiliki menara setinggi 22 meter dengan lima bidang sisi dengan relief simbol lima agama besar di Indonesia.

Tempat wisata itu dibangun di atas lahan seluas 4 hektar dan telah berdiri sejak tahun 2002. Saat berada di sana, Anda bisa belajar tentang sikap saling menghormati dan meyanyangi antar umat beragama.

3. Taman Wisata Iman, Dairi


Source: id.wikipedia.org

Taman Wisata Iman atau Taman Sitinjo berada di Bukit Sitinjo dengan luas 130.000 m2, terletak di Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Terletak sekitar 10 km dari Ibu Kota Kabupaten Dairi, Sidikalang atau sekitar 154 km dari Medan.

Taman ini merupakan objek wisata rohani yang mengusung konsep kerukunan antar umat beragama. Selain menikmati keindahan panorama yang sejuk dan asri, para pengunjung juga dapat beribadah sesuai dengan keyakinannya masing-masing. Tak berbeda jauh dengan Pura Mandala, Taman Wisata Iman juga merepresentasikan kerukunan antara umat beragama dengan dibangunnya lima komplek untuk masing-masing agama. Seperti komplek Muslim dengan Masjid dan lapangan Manasik Haji, Komplek Kristen dengan jalan salib Tuhan Yesus, Patung Gua Bunda Maria, Perahu Nuh, Gereja Rumah Doa, dan Miniatur Salib Golgota, Komplek Budha dengan Vihara Saddhavadana dan Patung Buddha Rupang serta Komplek Hindu dengan Kuil dan Gapura Hindu.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami