3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Usaha

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Usaha

Puji Astuti Official Writer
16792

Anda memiliki dana dan ingin memiliki usaha namun bingung bagaimana memulainya? Tenang saja, memulai usaha bukan berarti harus membangun semua dari nol, ada banyak cara dan kesempatan yang menanti. Salah satunya adalah membeli usaha yang telah berjalan. Namun sebelum memutuskan untuk membeli sebuah usaha, ada beberapa hal yang Anda harus perhatikan sehingga investasi Anda tidak berujung bencana.

Kesuksesan Anda bergantung penuh kepada kejelian dan kemampuan Anda melihat peluang dari bisnis yang akan Anda beli. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

1. Cari tahu mengapa pemiliknya ingin menjual usaha miliknya.

Sebuah kesalahan dibuat oleh sekelompok pengusaha yang membeli jaringan usaha AMF Bowling. Sepertinya bisnis ini menjanjikan, karena perusahaan yang berpusat di Amerika ini baru saja melebarkan sayapnya ke Eropa dan Asia. Dengan pasar yang lebih luas ini, si pemilik menjual usahanya senilai 1 milyar dolar. Namun hanya dalam waktu singkat AMF Bowling yang baru dibeli itu menyatakan bankrut. Pemilik baru tidak mengetahui bahwa usaha bowling sudah melewati puncaknya dan penjualan alat bowling terus menurun tajam.

Kasus di atas adalah contoh nyata pentingnya mengetahui dengan pasti alasan mengapa seseorang menjual bisnis yang dibangunnya. Anda juga perlu mempelajari tren dan pasar dari usaha tersebut. Apakah usaha itu sedang mengalami masa sulit atau ada alasan lain yang menjadi dasar bagi si pengusaha untuk menjual bisnisnya.

2. Pelajari secara mendalam usaha yang akan Anda beli

Pastikan Anda mempelajari seluk beluk usaha yang akan Anda beli. Mulai dari saingan, peluang, aturan, dan juga kemungkinan ancaman yang ada di depan nanti. Kemungkinan Anda untuk sukses ditentukan dari persiapan dan pengetahuan Anda yang akan berguna untuk pengembangan usaha nantinya.

3. Buatlah rencana untuk mengembangkan usaha itu

Sebuah usaha hanya akan menguntungkan bagi Anda jika Anda bisa melihat bahwa usaha tersebut bisa dikembangkan dan memberikan imbal balik yang sebanding dengan nilai investasi yang Anda keluarkan. Terlebih lagi, bahwa usaha itu bisa dikembangkan dalam jangka panjang.

Jika Anda sebelumnya sudah memiliki usaha, maka salah satu hal yang penting adalah apakah usaha yang Anda akan akusisi bisa diintegrasikan dengan usaha yang sudah Anda jalani saat ini. Dapatkah usaha tersebut meningkatkan jumlah penjualan dan keuntungan? Jika Anda bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan pasti maka usaha tersebut layak untuk dibeli.

Membeli usaha dari orang lain memang penuh dengan tantangan namun juga menjanjikan peluang. Untuk itu Anda harus jeli dan teliti sebelum melakukan transaksi. Pastikan Anda sudah memiliki rencana yang matang saat membeli usaha tersebut.

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami