7 Peluang Bisnis Sukses Tanpa Butuh Gelar Sarjana
Sumber: Gonnagetwed.com

Entrepreneurship / 23 March 2015

Kalangan Sendiri

7 Peluang Bisnis Sukses Tanpa Butuh Gelar Sarjana

Lori Official Writer
6305
<!-- endif]-->

Banyak orang sukses justru bukan dari latar belakang pendidikan sarjana. Sebab diantaranya hanya perlu mengasah hobi atau bakat yang sudah dimiliki dalam dirinya. Meski bukan laiknya seperti seorang dokter yang bisa membangun rumah sakit sendiri, atau sarjana hukum yang bisa membuka kantor pelayanan hukum sendiri, mereka yang tanpa gelar sarjana pun bisa melakukan hal serupa.

Nyatanya banyak sekali jalan menuju kesuksesan, dan bisnis-bisnis ini diantaranya adalah:

1. Desainer

Jadi desainer grafis, interior dan fashion tak perlu gelar sarjana. Menimbang sekolahnya yang cukup mahal, maka Anda hanya butuh belajar ilmu dalam bidang desain sesuai dengan bakat Anda dengan membaca buku atau rajin membeli majalah-majalah desain.

Luangkan waktu untuk mendatangi pameran yang digelar di kota-kota Anda setidaknya untuk berkenalan dengan sejumlah perancang dan belajar banyak baik teori dan praktik bisnisnya. Setelah merasa sudah siap, tunjukkan kemampuan Anda kepada rekan dan tawarkan jasa Anda bagi mereka yang butuh bantuan. Untuk permulaan, jangan beri harga mahal, cukup fokus membangun startup hingga nantinya Anda bisa membangun brand desain buatan Anda sendiri.

2. Produser musik

Membangun studio musik pun bukan soal gelar. Mereka yang bergelut dibalik layar musik ini adalah mereka yang sukses mengembangkan bakat bermusiknya dan belajar mengumpulkan pundi-pundi uang lewat memproduksi album atau single dari sejumlah penyanyi. Ingat hal yang penting untuk dilatih adalah pengetahuan di bidang teknik audio, komposisi dan musik baik lewat kursus atau belajar secara otodidak. Jangan lupa untuk memperluas koneksi dengan sejumlah musisi dan penyanyi yang mmebutuhkan jasa Anda.

3. Studio Foto

Punya studio foto sendiri adalah dambaan para pecinta fotografi. Keahlian ini pun bisa Anda jadikan sebagai bisnis yang tak membutuhkan latar belakang pendidikan fotografi. Tanpa harus bergabung pada salah satu studio atau agensi, Anda bisa mendidikan studio sendiri dan membuat brand sendiri. Bisnis fotografi memang saat ini memang tengah naik daun, sehingga menjadi peluang untuk semakin serius menggelutinya. Anda hanya perlu rajin menunjukkan portofolio sendiri meyakinkan orang lain akan kemampuan fotografi Anda. Bisa saja lewat hal itu Anda akan ditawari job untuk event musik, pernikahan, pre-wedding dan lainnya.

4. Web Developer

Anda tak harus kuliah  jurusan teknik Informatika untuk menjadi seorang pengusaha dalam bidang pengembang web atau web developer. Menulis kode tidak membutuhkan sekolah formal. Hanya cukup belajar gigih secara online. Di zaman serba teknologi ini, jasa pengembangan web sangatlah dibutuhkan sehingga menjadi peluang untuk memanfaatkan kemampuan untuk membangun bisnis khusus pelayanan web.  

5. Menulis

Richard Branson adalah bukti nyata seorang yang tidak menamatkan sekolah dan sejak usia 16 tahun sudah memulai bisnisnya dalam dunia tulis menulis dengan mendirikan Majalah Student. Kemudian dia mengekspektasikan bisnis ke dunia audio-recording, lalu dilanjutkan dengan mendirikan Virgin dan 360 perusahaan lainnya.  

6. Bisnis swalayan

Meski hanya menyelesaikan pendidikan hingga bangku SMA, bukan halangan bagi Bob Sadino sukses menjadi pengusaha swalayan, Kem Chicks. Meski kerap jatuh bangun, namun Bob Sadino stetap memiliki kemauan untuk terus belajar dan menguasai bidangnya.

7. Wirausaha

Anda tak perlu kuliah bertahun-tahun untuk belajar tentang strategi pemasaran yang jitu untuk memulai wirausaha. Hanya dibutuhkan niat dan modal yang sesuai dengan usaha yang Anda inginkan. Belajarlah dari apa yang dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang sukses merintis usaha berdagang ikan mulai dari nol, tanpa membutuhkan title sarjana.

Beberapa bidang pekerjaan di atas jelas menunjukkan kepada Anda bahwa keberhasilan seseorang bukan ditentukan oleh seberapa tinggi tingkatan pendidikan formal yang dia raih, melainkan kemauan dan kegigihan seseorang untuk mau berkembang dan setia melakukan perkara kecil demi meraih sukses yang didalambakan tanpa terhalang oleh title atau gelar. Karena sukses adalah hak setiap orang, bukan hanya untuk mereka yang memiliki gelar atau Ijazah saja.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Hot Topics

  1. Cahaya Bagi Negeri
  2. Daily Devotional
  3. Nabi Palsu
  4. Khotbah Tentang Bersyukur
  5. Punya Tujuan Hidup Umur Lebih Panjang

Related Articles

Ikuti Kami