Michael Wattimena: Gerakan Ekumene Gereja Harus Keluar

Nasional / 31 March 2015

Kalangan Sendiri

Michael Wattimena: Gerakan Ekumene Gereja Harus Keluar

daniel.tanamal Official Writer
3780
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style>

Ketua Panitia HUT Ke-65 Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Michael Wattimena, SE, MM mengatakan bahwa saat ini gerakan ekumene gereja harus keluar langsung untuk menyentuh umat dan masyarakat luas.

“Gerakan Ekumene harus kelar langsung untuk umat dan masyarakat. Ini adalah refleksi perjalanan keesaan yang diadakan gereja-gereja di indonesia. Gereja tidak hanya dirasakan eksklusif saja tapi bisa dirasakan masyarakat luas. PGI tentu akan melakukan sejumlah aksi nyata bagi masyarakat, karena inilah nafas kegerakan oikumene yang kita jalankan,” katanya dalam press conference HUT ke-65 PGI di Salemba Raya, Jakarta Pusat, Selasa (31/03/2015).

Salah satu tokoh muda Kristen yang saat ini menjadi Wakil Ketua Komisi V DPR-RI ini juga menjelaskan bahwa salah satu langkah nyata gerakan ekumene yang dilakukan PGI adalah dukungan kepada pemerintah Indonesia terutama dalam pembangunan kemaritiman.

“Karena gereja adalah bagian dari negara, bentuk tema-nya Tuhan Mengangkat Kita Dari Samudra Raya (maz 71:20b) jadi jika ada kebijakan pemerintah Jokowi terkait laut sebagai masa depan bangsa kita, maka PGI mencoba menjawab dan mendekati kerinduan itu. Dan kita tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” tambahnya.

Perayaan HUT ke-65 PGI akan berlangsung mulai 16-25 Mei 2015 dengan bermacam acara seperti Jalan Damai Lintas Agama, Aksi Sosial kunjungan kasih dan donor darah di sejumlah gereja-gereja di Jakarta, Ibadah dan Perayaan dan juga Seminar, diskusi dan peluncuran buku di Aula Kantor PGI Jakarta.



Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami