Alasan Twitter  Buka Kantor di Indonesia
Sumber: teachthought.com

Entertainment / 28 March 2015

Kalangan Sendiri

Alasan Twitter Buka Kantor di Indonesia

Lori Official Writer
2364
Twitter mengikuti jejak pesaing besarnya Facebook untuk membuka kantor di Indonesia. Rencana itu benar-benar sudah terealisasi dengan kedatangan Chief Executive Officer (CEO) Twitter Dick Costolo ke Indonesia pada Kamis (26/3) kemarin. Lokasi kantor Twitter ini terletak di Pasific Place, SCBD, Jakarta.

Kehadiran Twitter di Indonesia bukan tanpa sebab, melainan terdorong dengan alasan-alasan berikut ini:

Potensi pengguna Twitter yang besar

Chief Executive Officer (CEO) Twitter Dick Costolo mengaku bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Twitter terbesar. Hal itu didukung oleh populasi penduduknya yang besar.    Dalam aktivitasnya, pengguna Twitter Indonesia begitu aktif membicarakan tiga topik besar seperti politik, kuliner dan travel. Peningkatan yang paling drastis terjadi adalah saaat pemilihan presiden 2014 silam. “Pemilihan presiden Indonesia tahun lalu menjadi tweet terbanyak kedua di dunia, hanya kalah dari tweet selfie Ellen (Degerenes) saat Oscar,” ucap Country Business Head Twitter Indonesia Rick Mulia.

Membantu masyarakat tanggap informasi

Twitter akan berupaya mengoptimalkan fungsi microblog sebagai peringatan dini agar masyakarat cepat tanggap terhadap berbagai fenomena yang terjadi. Para pengguna bisa saling berbagi informasi saat bencana terjadi, misalnya banjir. Hal ini pula yang menjadi topic pembahasan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Chief Executive Officer (CEO) Twitter Dick Costolo pada Kamis, 26 Maret 2015 kemarin.

“Kami berdiskusi mengenai apa yang dapat kami lakukan agar Twitter membuat masyarakat Indonesia menyadari apa yang terjadi saat itu juga,” ungkap Costolo, seperti dilansir Antaranews.com.

Fokus pada pengguna, bisnis, pendidikan dan komunitas

Pihak Twitter menjabarkan tentang target kerja yang akan dibangun setelah berkantor di Indonesia pada empat bidang prioritas, yakni pertama, fokus pada pengguna dengan berkomitmen menjaga keamanan media sosial dari konten negatif. Kedua, Twitter berniat untuk memberi solusi bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam hal promosi produk lewat Twitter. Ketiga, dalam bidang pendidikan Twitter akan bekerjasama dengan lembaga pendidikan dengan menyediakan beasiswa dalam bidang Teknologi Informatika (TI). Dalam hal ini, Twitter tengah memperkenalkan tagar #Twitter4WaniTek. Keempat, hampir sama dengan bidang pendidikan tagar #Twitter4Good menjadi salah satu target kerja Twitter di Indonesia yakni dengan memberdayakan komunitas atau lembaga swadaya masyarakat untuk memahami tren dan isu sosial di Indonesia.

Sumber : Antaranews.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami