Theresia Karo Karo

Official Writer
4451


Apakah anda pernah mengalami "stuck" dalam menyatakan rasa sayang anda pada pasangan? Semua cara yang anda tahu sudah dicoba, namun tetap saja pasangan belum merasa yakin bahwa anda sayang padanya. Atau justru sebaliknya, anda tidak yakin dengan perasaan kekasih, karena dia jarang mengatakan “Aku sayang kamu” atau ‘I love you’.

Bila anda masih ragu, sebaiknya kenali dahulu bahasa cinta yang berbeda dari masing-masing individu. Dikutip dari buku “The Art of Love” karya Gary Chapman, ada 5 jenis bahasa cinta, yaitu:

Words of Affirmation (Perkataan Membangun)
Ada sebagian orang yang menjadikan “kata-kata penguatan” sebagai bahasa utama dari cinta. Seperti, kata-kata positif, dorongan semangat, dan pujian membuat mereka merasa dicintai. Lidah kita mempunyai kuasa untuk membangkitkan atau menjatuhkan seseorang. Kata-kata yang membangun bukan hanya digunakan saat seseorang sedang "down", cobalah untuk mengatakan hal-hal yang baik pada orang-orang di sekeliling anda.

Gifts (Pemberian Hadiah)
Jangan buru-buru menganggap seseorang yang senang menerima hadiah, sebagai sikap matrealistis. Hadiah sebagai bahasa cinta dilihat bukan karena mahal atau murahnya pemberian, melainkan ketulusan dan usaha yang terkandung dalam mengusahakan hadiah  tersebut.

Tentu hadiah yang diberikan bukan untuk menutupi atau menghilangkan kesalahan anda, tapi harus tulus sebagai tanda kasih dan menunjukkan kalau anda ingat akan mereka dan ingin mereka memiliki hadiah tersebut karena anda mengasihi mereka.

Acts of Service (Tindakan Kasih)
Alkitab menceritakan bagaimana Tuhan Yesus melayani murid-muridNya dengan membasuh kaki mereka. Tuhan mengajarkan mereka untuk melayani dengan kasih, bukan karena paksaan. Jika pasangan atau beberapa orang dalam keluarga anda merasa dikasihi karena anda melayani mereka dengan misalnya membuatkan mereka minuman kesukaan mereka, mengambilkan piring, dan peralatan makan saat mereka mau makan, dan lain-lain, itu menandakan bahwa inilah bahasa kasih mereka.

Quality Time (Waktu Berkualitas)
Makna dari "quality time" adalah kebersamaan atau togetherness. Di sini, anda diminta untuk memusatkan perhatian. Jika anda sedang berjalan berdua dengan pasangan anda, tapi anda malah sibuk berbicara dengan orang lain di telpon atau ‘tenggelam’ dalam media sosial, tidak heran jika pasangan anda marah. Fokuskan waktu dan perhatian anda hanya untuk dia. Orang-orang yang mempunyai bahasa kasih berupa quality time biasanya lebih mementingkan waktu kebersamaan yang tidak terbagi dibanding bahasa kasih yang lainnya untuk merasa dicintai.

Physical Touch (Sentuhan)
Sentuhan fisik bisa berupa pelukan, pegangan tangan, belaian di punggung, dan masih banyak lagi. Pelukan bisa membuat orang merasa disayang. Tapi hati-hati karena sentuhan fisik dapat menciptakan atau menghancurkan suatu hubungan. Kita juga harus tahu situasi dan kondisi saat kita mengkomunikasikan bahasa kasih yang satu ini.

Bagaimana, apakah anda sudah menemukan yang mana bahasa cinta mana yang paling sering di praktekkan? Tidak hanya terhadap kekasih, namun bahasa cinta ini juga berlaku bagi orang tua, keluarga, saudara, teman dan lainnya, karena cinta adalah hal yang universal. Pelajari bahasa kasih mereka, sehingga anda tidak bingung lagi bagaimana caranya untuk membuat mereka tahu bahwa anda mengasihi mereka.

Sumber : Berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7247

Banner Mitra Juli 1-2