4 Trik Mengajarkan Makna Paskah Kepada Anak

4 Trik Mengajarkan Makna Paskah Kepada Anak

Theresia Karo Karo Official Writer
6978
Pekan suci Paskah adalah momen yang sangat sakral bagi umat Kristiani. Empat hari istimewa yang diperingati setiap tahunnya adalah Kamis Putih, Jumat Agung, Malam Paskah dan puncaknya Perayaan Hari Paskah. Momen ini merupakan waktu terbaik untuk kita instropeksi diri dan bertobat karena Yesus telah menjadi teladan yang menunjukkan pengorbanan bagi umat-Nya.

Oleh sebab itu penting bagi orang tua untuk mengajarkan makna Paskah sebenarnya kepada anak-anak. Bila anda masih bingung menjelaskan tentang kematian dan kebangkitan Tuhan Yesus kepada mereka, berikut empat trik yang bisa di lakukan dalam mengajarkan makna Paskah kepada anak:
 
Batasi penggunaan gadget selama masa Paskah

Selama ritual Paskah berlangsung, ajak seluruh anggota untuk sepakat mematikan gadget dan fokus pada momen suci ini. Daripada bermain gadget, akan lebih baik bila anda mengajak anak untuk menikmati waktu berkualitas dengan makan malam hangat. Atau bisa juga dengan memusatkan perhatian pada percakapan yang nyata bersama orang-orang terkasih dan memaknai Paskah. Kamis Putih hingga Paskah, adalah saat yang tepat untuk mengingat kembali pengorbanan Yesus untuk menebus dosa manusia.

Metode bercerita yang variatif
Langkah selanjutnya adalah, dengan membacakan kisah kematian dan kebangkitan Yesus Kristus langsung dari Alkitab. Anda juga dapat menceritakan ulang kisah tersebut dengan metode bercerita yang variatif.

Doa bersama
Melibatkan anak-anak dalam doa bersama dapat menjadi salah satu cara agar mereka mengerti tentang Paskah. Selain itu, bisa juga dengan memperdengarkan lagu rohani anak, sehingga anak dapat mengunakan imajinasinya dalam menggambarkan isi Alkitab.

Libatkan anak dalam persiapan Perayaan Paskah
Anak-anak akan sangat antusias saat dilibatkan melukis atau menghias telur Paskah. Saat menghias, orang tua bisa berbagi cerita rohani pada anak. Misalnya apa arti telur dalam Paskah, semangat Paskah, atau tema Paskah tahun ini.

Sambil memaknai Paskah, momen suci ini sekaligus bisa digunakan untuk mempererat hubungan antara anak dan orang tua. Semoga kualitas spritualitas anda sekeluarga di pekan suci ini, senantiasa harmonis dan penuh kedamaian cinta.

Sumber : Kompas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami