Ternyata Kulit Rambutan Ada Ekstraknya Loh!

Ternyata Kulit Rambutan Ada Ekstraknya Loh!

Lori Official Writer
2464
Rambutan, buah yang identik dengan kulit berwarna merah ini menjadi salah satu buah yang tumbuh subur di Indonesia serta negara-negara seperti Malaysia, Filipina, Kamboja, Thailand, India, Sri Lanka, Ekuador, Australia dan Amerika.

Daging buah rambutan mengandung nutrisi yang tinggi seperti vitamin C, kalsium dan zat besi yang berguna dalam proses penyerapan mineral dan meningkatkan produksi sel darah merah dan darah putih. Selain itu, buah rambutan yang kaya serat dan kadar air yang tinggi bermanfaat untuk menahan rasa kenyang lebih lama.

Menurut penelitian, kulit rambutan mengandung senyawa organik dan antioksidan yang tinggi. Senyawa asam galat, misalnya, diketahui mampu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tubuh terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara kandungan antioksidan bernama flavonoid berperan untuk menghindari risiko kanker, mengurangi kolesterol dalam darah serta mencegah serangan jantung.

Selain itu, dengan pengolahan yang benar kulit rambutan juga bisa dijadikan sebagai obat demam dan disentri dengan cara terlebih dahulu diolah. Kulit rambutan dikeringkan, lalu direbus sampai mendidih. Setelah itu air rebusan diminum sebanyak tiga kali sehari.

Dengan mengetahui khasiat yang terdapat dalam kulit rambutan, Anda tentunya bisa mencobanya dan mengganti fungsi obat kimia untuk proses pencegahan demam dan disentri. Apalagi mengingat saat ini adalah musim panen rambutan sehingga buah yang satu ini sangat mudah untuk ditemukan.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami