Presiden Joko Widodo: Rupiah Turun, Investasi Naik
Sumber: Tempo.co

Nasional / 23 March 2015

Kalangan Sendiri

Presiden Joko Widodo: Rupiah Turun, Investasi Naik

daniel.tanamal Official Writer
3080

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa menurunnya rupiah justru bisa menjadi peluang investasi. Hal itu diungkapkannya sesaat sebelum bertolak ke Jepang dan Tiongkok, Minggu (22/3/2015).

"Lemahnya rupiah adalah sinyal bahwa kita harus melakukan perbaikan, modernisasi pada ekonomi kita. Namun, depresiasi rupiah juga bisa melindungi daya saing kita secara regional dan internasional," katanya di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Menurut Jokowi, depresiasi terhadap rupiah menjadikan Indonesia sebagai tempat investasi yang menjanjikan dan membuat Indonesia bisa menjadi basis produksi. "Depresiasi rupiah menjadikan investasi di Indonesia menjadi sangat menarik, juga menjadikannya sangat kompetitif sebagai basis produksi," kata Jokowi. 

Indonesia yang semakin berpotensi menjadi basis produksi disebut Jokowi juga sejalan dengan keinginannya untuk menjadikan Indonesia tidak lagi sebagai negara konsumtif tetapi produktif. Dia mengungkapkan perekonomian Indonesia saat ini terlalu mengutamakan ekspor bahan mentah. Ke depan, sebut Jokowi, Indonesia harus mengandalkan ekonomi yang berbasis produksi dan investasi. 

lt;!--[if !supportLineBreakNewLine]-->

lt;!--[endif]-->

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami