5 Hal yang Dilakukan Wisatawan Saat Nyepi di Bali

News / 20 March 2015

Kalangan Sendiri

5 Hal yang Dilakukan Wisatawan Saat Nyepi di Bali

Lori Official Writer
7024

Hari raya Nyepi menjadi hari yang sakral di Bali karena merupakan salah satu hari besar keagamaan masyarakat yang mayoritas penganut agama Hindu. Saat perayaan upacara ini, masyarakat Bali biasanya akan menetapkan empat pantangan atau larangan yang harus dipatuhi warga setempat ataupun wisatawan. Seperti, tidak bekerja, tidak bepergian, tidak menyalakan api, dan tidak bersenang-senang.

Tapi, bukan berarti perayaan nyepi mmebuat liburan Anda menjadi tidak menyenangkan karena Anda bisa menyiasati hal itu dengan beberapa tips ini.

 

1. Hindari penerbangan H-1 Nyepi

Pilihlah penerbangan sehari sebelum Nyepi, dan usahakan penerbangan pagi karena pada sore hari akan ada pawai Ogoh-Ogoh yang memadati jalanan. Usahakan tiba di Bali sebelum jam 1 siang.

 

2. Cari hotel dengan fasilitas lengkap

Carilah hotel yang menyediakan fasilitas lengkap. Hotel bintang empat biasanya memiliki fasilitas tv kabel, dvd dalam kamar, dan kolam renang. Pasalnya, sepanjang perayaan nyepi di Bali tak akan ada orang yang diijinkan untuk berkeliaran menikmati udara tepian pantai kuta yang indah atau nongkrong-nongkrong di kafe. Sebagai catatan, semua hotel di Bali menerapkan larangan check out di hari raya Nyepi, minimal lama menginap selama 2 malam atau satu hari sebelum dan sesudah Nyepi.

 

3. Bawa laptop dan koleksi film

Di hari raya Nyepi, tidak akan ada channel TV yang disiarkan di Bali. Jika Anda menginap di hotel, satu-satunya cara untuk menikmati masa santai sepanjang perayaan nyepi dengan membawa laptop dan sejumlah koleksi film sebagai hiburan di kamar.

 

4. Sediakan makan dan uang saku selama Nyepi

Semua ATM di Bali akan ditutup sejak satu hari sebelum hari raya Nyepi, biasanya mulai jam 12 siang. Jadi usahakan membawa uang saku secukup sebelum berangkat ke Bali. Sedang untuk keperluan makan, sebaiknya dipersiapkan sebelumnya sebab Anda tidak akan menemukan rumah makan atau tempat-tempat jajanan yang buka di sekitar selama Nyepi. Kecuali bagi Anda yang menginap di hotel yang memberi fasilitas pelayanan lunch dan dinner.

 

5. Jalan keliling di malam hari

Setelah beristirahat seharian penuh, cobalah untuk keluar dari kamar penginapan dan nikmati pemandangan di sekitar hotel. Anda hanya akan menikmati Pulau Dewata yang gelap gulita, tanpa kerlap kerlip lampu yang biasanya menerangi setiap sudut kota hanya saat perayaan Nyepi.

Meski kelihatan sedikit menyiksa, namun anggap saja satu hari saat perayaan Nyepi menjadi long rest Anda sebelum menyusuri berbagai tempat-tempat mempesona keesokan harinya di Bali.

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami