Muncul Pasukan Brigade Kristen di Irak
Sumber: Sindonews.com

Nasional / 14 March 2015

Kalangan Sendiri

Muncul Pasukan Brigade Kristen di Irak

Theresia Karo Karo Official Writer
39635
Pasukan kurdi, kini mendapat bantuan untuk memerangi kejahatan yang dilakukan oleh Islamic State Iraq and Syria (ISIS). Dikenal dengan pasukan Brigade Kristen Irak, kedua kelompok ini bertujuan untuk merebut kembali sejumlah wilayah di Irak yang sempat dikuasai oleh kelompok militan tersebut.

Sebelum beraksi di medan perang, pasukan Brigade Kristen Irak harus menjalani latihan militer bersama pasukan Kurdi Pesmerga. Dilansir dari Sindonews.com, seorang komandan di akademi pelatihan Abu Bakar Ismail mengatakan, “Sekitar 600 orang pasukan Peshmerga yang berasal dari saudara-saudara Kristen kita di wilayah Niniwe bergabung dalam pasukan ini. Mereka fokus pada latihan fisik, pembekalan materi militer, dan latihan menembak,” terangnya.

Selama ini, kebanyakan warga Kristen tinggal di wilayah Niniwe yang dekat dengan Mosul, yang sekarang dikuasi ISIS. Pasukan ini kini beraksi di Kota Fishkhabur wilayah barat laut.

Ismail mengungkapkan bahwa para peserta yang bergabung memberantas ISIS adalah para sukarelawan. “Semua peserta adalah sukarelawan. Mereka ingin membebaskan tanah mereka dari ISIS dan kemudian melindunginya,” katanya.

Sebelum bergabung dalam pasukan Brigade Kristen, mereka juga sempat ‘mengangkat senjata’ di kelompok Asyur. Kelompok ini berdiri pada tahun 2004 untuk melindungi gereja-gereja di Irak.

Sumber : Jawaban/Sindonews.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami