10 Tempat Wisata Mempesona di Solo (1)

Travel / 13 March 2015

10 Tempat Wisata Mempesona di Solo (1)

Lori Official Writer
4549
Penulis masih ingat dikala backpaker dengan rekan-rekan lainnya di pertengahan bulan 2014 silam ke Yogyakarta. Solo pun menjadi salah satu tujuan yang kami sambangi. Bagi saya yang baru pertama kali berkunjung ke Solo, kesan pertama yang terasa dari kota ini adalah atmosfer ketenangan dan kedamaiannya. Selain itu, nuansa sejarah dan unsur budaya dan tradisi Jawa yang masih kental menjadi satu suasana berbeda yang saya temukan.

Kota Solo atau Surakarta adalah sebuah kota strategis di provinsi Jawa Tengah. Kota ini menjadi persinggahan menuju kota lain atau sebagai tempat wisata yang patut dikunjungi. Bagi Anda yang suka jalan-jalan, terdapat 10 tempat wisata mempesona yang bisa Anda kunjungi, seperti:

1. Keraton Surakarta

Keraton Surakarta adalah asal mula berdirinya kota Surakarta. Dibangun sejak tahun 1745, Keraton ini menyimpan banyak nilai sejarah. Terdapat sebuah menara di sana yang dikenal dengan Panggung Sanggabuwana. Untuk mengitari beragam hal yang etrdapat di dalamnya, Anda wajib mematuhi peraturan, seperti tidak memakai topi da kacamata hitam, tidak bercelana pendek dan tidak menggunakan sandal dan jacket.

2. Pandawa Water World Solo Baru

Setelah asyik mengelilingi Keraton Surakarta, saatnya menceburkan diri di wahana air yang ada di Solo yaitu Pandawa Water World Solo Baru, yang terletak di Jl. Cemara Raya Solo Baru. Anda hanya perlu membayar tiket seharga Rp 50.000 pada hari Senin – Jumat dan Rp100.000 pada hari Sabtu dan Minggu.

3. Tugu Lilin

Tugu Lilin adalah monument peringatan 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo. Tugu ini melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang berapi-api memperjuangkan kemerdekaan yang dipancarkan lewat simbol lilin menyala di atas tugu. Tugu ini terletak di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo. Para wisatawan bisa menikmati suasana sekitar tugu atau sekedar mengabadikan momen lewat jepretan kamera.

4 Taman Hiburan Sriwedari

Taman hiburan Sriwedari adalah tempat yang pas untuk rekreasi keluarga. Dahulu, taman ini dibuat sebagai tempat rekreasi keluarga kerajaan. Namun saat ini beralih fungsi sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Di sana, pengunjung bisa menikmati pertunjukan kesenian wayang ‘Mahabarata dan Ramayana’ di Gedung Wayang Orang Sriwedari. Selain itu, terdapat 16 wahana permainan dan Mini Water Park, 14 Wahana stand ketangkasan, panggung hiburan, serta café dengan beragam menu hidangan serta tersedia pula hiburan musik seperti konser band.

5. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu adalah salah satu destinasi yang banyak diminati karena menawarkan wisata alam yang menawan, seperti air terjun grojogan sewu, outbond, dan suasana hutan yang sejuk. Wisata yang satu ini terletak sekitar 37 km di sebelah timur kota Solo, tepatnya di Kabupaten Karanganyar. Untuk mencapai air terjun dengan ketinggian 1.305 meter itu, pengunjung harus menuruni sebanyak 1250 anak tangga semen.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami