Fenomena Begal Adalah Rekayasa Politik?

Nasional / 11 March 2015

Kalangan Sendiri

Fenomena Begal Adalah Rekayasa Politik?

daniel.tanamal Official Writer
5607
Maraknya aksi pembegalan yang kini terjadi di Jabodetabek menimbulkan keresahan pada masyarakat luas. Ketua Setara Institute, Hendardi, curiga adanya pihak yang bermain dalam fenomena begal yang terjadi secara serempak dan massif di sejumlah daerah ini.

"Kemunculan fenomena begal motor yang tiba-tiba yakni di tengah ketidakpercayaan publik pada Polri dalam kisruh KPK-Polri, justru menimbulkan kecurigaan," katanya di Jakarta, Senin (03/02/2015). Pernyataan itu disampaikan menanggapi maraknya begal motor yang terjadi serentak di beberapa daerah.

Menurut dia, kecurigaan masyarakat tidak bisa dihindari dan masyarakat tidak bisa disalahkan.Fenomena begal motor yang muncul serempak di berbagai wilayah ini, tambahnya, memang harus diatasi oleh kepolisian. Menurut Hendardi, model pencitraan serupa sering kali terjadi pada momen-momen politik tertentu.

"Politicking atas begal motor akan memetik benefit politik citra bahwa Polri adalah satu-satunya institusi yang mampu berantas kriminalitas," ujarnya.


Sumber : rima
Halaman :
1

Ikuti Kami