Modal Tidak Selamanya Bicara Tentang Uang
Sumber: Jawaban.com

Entrepreneurship / 11 March 2015

Kalangan Sendiri

Modal Tidak Selamanya Bicara Tentang Uang

Theresia Karo Karo Official Writer
6435
Banyak dari anda yang mungkin memiliki ide untuk memulai usaha atau bisnis, tetapi seringkali terganjal masalah modal. Untuk itu, terdapat beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mendanai usaha anda. Beberapa diantaranya adalah dana hibah perusahaan, aset pribadi, penyedia modal (venture capitalist), dan lain-lain.

Lalu apakah permohonan pinjaman atau berhutang tidak termasuk solusi dalam memodali usaha? Pakar finance Ir. Juhono Satyo Sudirgo mengungkapkan, bahwa dalam memulai bisnis, berhutang sangat tidak disarankan untuk memodali usaha. “Saat memulai bisnis, risiko kegagalan sangat tinggi. Untuk itu, sangat tidak disarankan seseorang memulai bisnis dengan berhutang, termasuk menggunakan kartu kredit,” ungkapnya.

Juhono yang juga menjabat sebagai Senior Trainer in Financial and Debt Free Lifestyle di Kingdom Business Community mengungkapkan bahwa kepemilikan modal adalah salah syarat yang harus dipenuhi para entrepreneur. “Kalau ingin memulai bisnis tentu harus mempunyai modal. Tapi yang di maksud di sini adalah apa yang bisa ditemukan dari diri sendiri,” tuturnya.

Beberapa diantaranya adalah keahlian, hobi, atau sumber daya apa saja yang bisa di eksplor dari diri sendiri. Menurutnya, bila para pemula bisnis tidak memiliki uang, maka jangan memaksakan diri. “Jadi kalau tidak punya uang, ya jangan cari uang. Cari yang lain. Apakah punya teman, punya hobi, property seperti garasi rumah, hingga kendaraan pribadi?”

Contoh sederhana, saat seseorang ingin berbisnis rumah makan. Yang dimiliki hanya keahlian masak dan alat masak, namun belum menemukan tempat atau tidak punya modal untuk menyewa tempat. Cari apakah ada teman yang bersedia membantu dengan tempat dan berbagi keuntungan, sehingga anda tidak perlu berhutang. Bahkan bila tidak ada, anda bisa memulai dari garasi atau halaman depan rumah.

Selama masakan anda memang enak dan terbukti kualitasnya, maka akan selalu ada pengunjung setia yang kerap memadati tempat makan anda kelak. Selain itu untuk membantu pemasaran, media sosial dapat digunakan sebagai salah satu sarana untuk memasarkan rumah makan anda tanpa perlu banyak keluar uang.
 
Sumber : Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami