4 Pilihan Wisata Saat Musim Hujan
Sumber: Valadoo.com

Travel / 11 March 2015

Kalangan Sendiri

4 Pilihan Wisata Saat Musim Hujan

Lori Official Writer
10751
Sebagai pejalan cerdas, sebelum merencanakan liburan, kondisi musim menjadi salah satu faktor penting yang patut diwaspadai. Sungguh tak lucu bila di musim hujan Anda justru berencana mendaki gunung atau menikmati hamparan savana di sekitaran Ubud. Anda hanya akan merasa kecewa terhadap hujan yang menghalangi perjalanan Anda!

Lalu pertanyaannya, apakah musim hujan harus menghalangi Anda berwisata ke tempat-tempat baru yang Anda inginkan? Jawabannya, tentu tidak. Para pecinta wisata cerdas bisa menikmati wisata di empat tempat ini ketika musim hujan:

1. Pemandian Air Panas

Pantai dan sungai jelas tak bersahabat di musim hujan karena sudah pasti ombak laut akan tinggi dan arus sungainya deras. Namun bukan berarti Anda tidak bsia menikmati kesegaran air di musim hujan, sebab Anda masih bisa memilih wisata lain seperti berendam di air panas. Berendam di kolam air panas ditemani rintik hujan dan hawa dingin akan membuat suasana liburan Anda terasa romantis. Banyak pilihan air panas yang bisa dikunjungi seperti Ciater (Bandung), Banyu Wedang (Bali), Baturaden (Jawa Tengah), Cangar (Malang) atau Tirta Husada (Pacitan), dan yang lainnya.

2. Menikmati Hamparan Pegunungan dan Perkebunan Buah dan Sayur

Menyaksikan rintik hujan dari balik kaca jendela yang berhadapan secara langsung dengan bukit-bukit barisan hijau adalah momen yang teramat langka. Anda mungkin boleh memilih berkunjung ke salah satu penginapan di sekitar wisata. Jika hujannya turun di malam sebelumnya, maka Anda bisa menyempatkan diri mengitari sekitaran penginapan, menikmati kebun buah, sayur dan berbincang akrab dengan petani. Anda mungkin bisa membeli sayur dan buah dari petani, lalu dibawa dan dimasak di vila. Hujansambil makan sup itu akan terasa nikmat. Suasana ini boleh Anda dapatkan di Batu, Malang atau Dusun Posong, Temanggung, Jawa Tengah, serta Kebun Buah Mangunan di Imogiri, Yogyakarta.

3. Jalan ke Museum

Musim hujan begitu enaknya jalan ke museum. Bisa menambah pengetahuan tetapi tetap kering dan hangat. Di museum Anda bisa memperluas pengetahuan tentang berbagai sejarah yang ada. Anda bisa berkemsempatan mengenal lebih dekat tentang beragam barang-barang antik hingga fosil mahluk hidup di zaman purba. Anda bisa saja mengarungi Museum Dirgantara Mandala di Yogyakarta, Ullen Sentalu di Kaliurang, Museum Air Tawar, Taman Mini Indonesia Indah, atau Museum Gunung Merapi di Yogyakarta.

4. Wisata Kuliner

Wisata yang aman dari terjangan hujan deras dan cuaca dingin yang paling tepat adalah kulineran. Betapa nikmatnya saat melahap sop konro dan coto makassar agar badan terasa hangat di tengah cuaca dingin. Selain berkesempatan menikmati beragam menu makanan, pengetahuan Anda soal beragam jenis makanan barang tentu semakin bertambah. Wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi di musim hujan seperti Bandung atau Yogyakarta.

Sumber : jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami