Berkaca dari Pernikahan Orang Tua
Sumber: Google

Marriage / 10 March 2015

Kalangan Sendiri

Berkaca dari Pernikahan Orang Tua

Theresia Karo Karo Official Writer
3455
Hubungan pernikahan orang tua dapat dijadikan pelajaran bagi hubungan anda dan pasangan. Bahkan saat hubungan mereka mungkin sedang tidak baik-baik, tentu ada pelajaran yang bisa anda ambil. Paling tidak, anda tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang kedua orang tua lakukan. Berikut 5 hal yang bisa diambil sebagai pelajaran saat berkaca dari pernikahan orang tua:

Perhatikan gaya berdebat orang tua
Perhatikan saat keduanya berdebat atau bertengkar. Contoh, apakah mereka cenderung menggunakan ego masing-masing atau justru terlihat tenang saat mengungkapkan perasaan dan mencapai kompromi. Tentunya anda juga bisa membedakan gaya berdebat yang ‘sehat’ atau berbahaya, bukan?

Usaha mereka dalam mempertahankan hubungan
Mempertahankan hubungan pernikahan memang bukan perkara mudah. Karena pada dasarnya pria dan wanita memiliki pemikiran yang kompleks. Beruntung bila anda dapat melihat keharmonisan orang tua yang tetap terjaga hingga saat ini. Lihat bagaimana usaha mereka dalam mempertahankan hubungan.

Atau yang terjadi justru sebaliknya? Jangan khawatir! Karena dari mereka anda dapat belajar untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Membantu anda untuk menyadari bahwa hubungan pernikahan memang butuh usaha keras.

Komunikasi
Hubungan yang bahagia tercipta saat keduanya memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Maksudnya adalah keduanya sadar akan pentingnya untuk saling terbuka dan mendengarkan satu sama lain dalam membangun pernikahan.

Jangan biarkan kebencian tumbuh
Anda melihat kedua orang tua mencurahkan hati dan jiwa untuk membuat pernikahan mereka bertahan. Atau mungkin yang terjadi sebaliknya, anda melihat ketimpangan dalam pernikahan orang tua. Salah satunya benar-benar berusaha, namun yang satunya tidak. Atau bahkan keduanya menyerah dalam hubungan ini.

Bila satu orang bekerja lebih keras dari yang lainnya, terkadang hal ini memicu kebencian. Jangan biarkan kebencian tumbuh dalam hubungan pernikahan anda.

Setiap hubungan unik
Standar setiap pasangan tentu berbeda. Anda berkaca dari hubungan pernikahan orang tua, namun bukan berarti anda menjadikan hal tersebut sebagai patokan wajib dalam rumah tangga anda. Sebab anda bukan orang tua anda! Tidak ada dua hubungan yang sama persis. Usaha anda dan pasanganlah yang mengarahkan anda menuju pernikahan yang bahagia.

Sumber : Metrotvnews/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami