Book Review: Raising Children In Digital Era
Sumber: Jawaban.com

Book / 10 March 2015

Kalangan Sendiri

Book Review: Raising Children In Digital Era

Lori Official Writer
5323
Sebagai seorang psikolog, dosen dan ibu dari tiga orang putri, Elizabeth T Santosa atau yang akrab disapa Lizzie ini mencoba menuangkan segala pengalamannya saat mengisi berbagai macam seminar parenting, persoalan-persoalan klien seputar anak yang ditangani serta posisinya sebagai seorang ibu dalam menghadapi perilaku anak di zaman ini.

Raising Children In Digital Era adalah buku perdana Lizzie yang diperuntukkan bagi orang tua yang menghadapi masalah pada pola asuh dan tingkah laku anak di era media dan teknologi ini. Buku ini disusun dengan memadukan antara pendekatan teoritis dan praktis untuk diaplikasikan dengan mudah oleh orang tua.

Buku ini menuntun para orang tua yang sudah merasa kewalahan dan kerap berkeluh kesah dengan karakter anak untuk mengoreksi terlebih dahulu pola asuh yang diterapkan kepada anak. Apakah benar atau malah keliru? Apa perbedaan perilaku anak zaman sekarang dengan sebelumnya? Benarkah media dan teknologi menjadi penyebab kegagalan orang tua atau pendidik zaman sekarang dalam mengasuh anak?

Yep. Dari hasil pengamatan dan penelitiannya, pola asuh orang tua yang sering kali digantikan dengan gadget, media dan teknologi yang sangat canggih di zaman sekarang ini, membuat kehadiran orang tua atau pendidik menjadi tergantikan.

Belum lagi perilaku orang tua yang juga menerapkan gaya hidup yang sama, yakni kecanduan teknologi. Orang tua saat itu lebih memilih menyibukkan diri dengan SMS, telepon yang masuk dan tak kunjung henti memeriksa notifikasi Grup BBM atau WhatsApp.

Lizzie secara blak-blakan menjabarkan betapa berbahayanya media dan teknologi bagi masa tumbuh kembang anak bila penggunannya tidak dikontrol secara langsung oleh orang tua. Dari itu, orang tua patut menyadari bahwa pola asuh dan pengawasan yang tepat kepada anak saat bersentuhan dengan beragam bentuk teknologi saat ini seperti televisi, internet dan gadget, menjadi solusi yang wajib untuk diterapkan.

Raising Children In Digital Era tak hanya melulu bicara soal teori, tetapi juga tentang solusi dan tips-tips mudah yang bisa dilakukan para orang tua untuk lebih mengenal karakter anak zaman sekarang. Orang tua juga diperlengkapi dengan pengetahuan tentang bagaimana menyikapi dampak positif dan negatif dari media dan teknologi tersebut bagi pertumbuhan anak. Sehingga orang tua akan lebih bijak mengarahkan dan mengontrol ruang gerak anak.

 

Judul : Raising Children In Digital Era

Penerbit: Elex Media Komputindo

Diterbitkan : Maret 2015

Harga: Rp 58.800,-

Sumber : jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami