Mengatasi Stres Ibu Rumah Tangga
Sumber: Google

Marriage / 9 March 2015

Kalangan Sendiri

Mengatasi Stres Ibu Rumah Tangga

Theresia Karo Karo Official Writer
6048
Tepat tanggal 8 Maret 2015, seluruh dunia memperingatinya sebagai Hari Perempuan Internasional. Hari besar ini dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik, dan sosial.

Apakah anda turut memeriahkan peringatan yang ditujukan sebagai kesuksesan perempuan ini? Atau justru anda kerap mengeluh karena menganggap diri anda hanya seorang ibu rumah tangga yang sibuk dengan segala urusan keluarga. Tidak jarang pula kesibukan ini kerap menimbulkan stress tingkat tinggi, melebihi stressnya para pekerja kantoran. Untuk mengatasinya, berikut 8 tips bagi para ibu rumah tangga:

Berhadapan dengan stagnansi
Ibu rumah tangga harus menyadari bahwa mereka mau mengadakan sebuah perubahan dalam kehidupan mereka yang bisa dibilang sedang menghadapi "stagnansi". Lalu ambillah keputusan bahwa perubahan itu harus dilakukan dengan serius. Kesadaran akan perubahan ini adalah langkah awal yang paling penting.

Perhatikan rutinitas keluarga
Sekarang, buka kalender dan agenda anda. Selanjutnya, buatlah pola dari waktu dan rutinitas yang biasa dilakukan anda dan keluarga. Dari semua kegiatan tadi, runutkan mana yang paling penting untuk dilakukan. Apakah ada kegiatan yang bisa didelegasikan kepada orang lain?

Cut!
Buanglah minimal satu atau dua kegiatan rutin yang terdaftar di urutan paling bawah dalam daftar prioritas. Lalu jadwalkan waktu kosong di rumah, waktu yang bisa dinikmati dengan santai. Dan tetap masukkan dalam jadwal waktu “untuk diri sendiri”.

Rencanakan waktu untuk bersenang-senang
Waktu ini akan meringankan beban seorang ibu rumah tangga. Beri ijin pada diri sendiri untuk lebih menikmati hidup walau ditengah beban berat. Memasak untuk makan malam bisa digantikan dengan membeli makanan dari luar.

Mengganti kebiasaan
Ganti kebiasaan di rumah dengan kebiasaan baru. Cek tradisi anda!

Pilihlah dengan bijaksana.
Jangan cepat bilang "iya" pada sesuatu yang hanya akan membuang waktu anda. Jangan tambahkan aktivitas baru dalam jadwal anda tanpa membuang aktivitas lama. Pilihlah yang terbaik dan katakan tidak pada sisa yang lain!

Lihat lagi
Lakukan tinjauan ulang setiap bulan terhadap aktivitas anda. Apakah ada perubahan setelah anda menjalaninya.

Jangan lupakan kebutuhan dasar
Diatas segalanya, keluarga memang nomor satu. Tapi kebahagiaan diri sendiri juga penting. Jangan hiraukan kebutuhan dasar anda untuk menjadi seorang wanita bahagia!

Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami