Susi Pudjiastuti: Rupiah Jatuh, Untungkan Kemandirian Kita

Nasional / 9 March 2015

Kalangan Sendiri

Susi Pudjiastuti: Rupiah Jatuh, Untungkan Kemandirian Kita

daniel.tanamal Official Writer
3480
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai, jatuhnya nilai tukar rupiah menjadi Rp 13.000 per dollar AS justru menjadi keuntungan bagi kemandirian bangsa Indonesia, karena hal itu harus menjadi pelecut semangat lepas dari ketergantungan impor.

"Itu insentif buat kita menjadi mandiri. Impor harus dikurangi. (Pelemahan rupiah) Menguntungkan, bagi kemandirian kita," ujarnya di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Kamis (5/3/2015).

Susi menyadari penurunan impor diberbagai sektor pasti akan memiliki dampak bagi ketersediaan barang tersebut. Oleh karena itu, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengembangkan produk-produk dalam negeri untuk mampu memenuhi kebutuhan. Disisi lain, Indonesia kata dia juga harus terus berorientasi ekspor. Pasalnya, penguatan dollar justru akan menguntungkan para eksportir. "Ekspor harus dilakukan, yang impor mati. Makanya harus ekspor," kata dia.

Sebelumnya, Nilai tukar rupiah tehadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (5/3/2015), kembali tertekan, bahkan melorot hingga menembus level 13.000. Seperti dikutip dari data Bloombergpukul 08.20 WIB, mata uang Garuda merosot ke posisi Rp 13.047 per dollar AS setelah dibuka pada 12.999.

Pada penutupan kemarin, rupiah melemah ke posisi 12.991.Hari ini rupiah diperkirakan masih akan bergerak variatif. Belum adanya sentimen positif yang melingkupi pasar membuat posisi rupiah masih dalam tekanan penurunan. Setelah mengalami kenaikan tipis, laju rupiah pun kembali melemah walau tipis.

 


 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami