Hashim Djojohadikusumo Sedih Umat Kristen Terpecah-pecah
Sumber: Daniel Tanamal

Internasional / 9 March 2015

Kalangan Sendiri

Hashim Djojohadikusumo Sedih Umat Kristen Terpecah-pecah

daniel.tanamal Official Writer
6248
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Salah satu pengusaha besar Indonesia Hashim Djojohadikusumo mengatakan bahwa dirinya merasa sedih saat ini jika melihat adanya fenomena adanya sekat dan batas yang terjadi antar gereja di Indonesia. Dirinya mengalami sendiri bagaimana ada pendeta yang dikenalnya, saling tidak cocok satu sama lain dengan pendeta lain.

“Jujur saya katakan, saya merasa sangat sedih sekali. Sedih. Masih ada perselisihan diantara pendeta. Ada pendeta tidak cocok satu sama lain. Untuk itulah kita memerlukan sebuah wadah pemersatu umat Kristen agar tidak terpecah-pecah,” kata Hashim dalam sambutannya di acara Sarasehan Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) 2015 di Jakarta, Jumat (6/3/2015).

Salah satu sekat dan batas tersebut, menurut putra bungsu dari ekonom Indonesia, Sumitro Djojohadikusumo itu adalah adanya perbedaan denominasi. Menurutnya pada sisi inilah dibutuhkan wadah untuk mempersatukannya. Dan PIKI dianggapnya sebagai salah satu yang bisa menjadi jembatan.

“Saya lihat, banyak umat Kristen terpecah-pecah dengan denominasi-denominasi, ada yang mainstream, pentakosta, karismatik. Sebetulnya mana ada wadah untuk kita bisa duduk bersama dan bersatu dari semua denominasi. Tidak ada. Ada PGI, PGPI, PGLII. Gak ada tempat untuk jadi wadah. Mudah-mudahan PIKI ini bisa jadi wadah. Kita harus terpanggil untuk mensejahterakan umat ” jelasnya.

Adik dari mantan calon presiden, Prabowo Subianto ini juga berharap agar PIKI dapat menyebarkan ide dan gagasannya kepada lembaga-lembaga negara dan juga kepada masyarakat. “Saya kira PIKI ini kan menampung semua pemikir-pemikir Kristiani dari semua denominasi, itu berarti semua denominasi Kristen bisa melihat PIKI sebagai wadah pemikiran. PIKI sebagai wadah Kristiani bisa menyampaikannya kepada semua lembaga Negara dan masyarakat.

Sebagai informasi, PIKI akan menyelenggarakan Kongres ke-5 pada akhir Maret ini di Jakarta untuk kepengurusan yang baru.

Sumber : Jawaban.com | Daniel Tanamal
Halaman :
1

Ikuti Kami