5 Nutrisi Super Untuk Mata Minus

5 Nutrisi Super Untuk Mata Minus

Lori Official Writer
7290
Selain mampu menjaga kesehatan tubuh, makanan yang mengandung vitamin dan mineral tinggi juga sangat bermanfaat untuk mengurangi masalah pada mata. Apakah Anda tahu bahwa ternyata antioksidan dan mineral telah terbukti mampu mengurangi risiko dari masalah degradasi makula dan katarak? Serupa nutrisi yang dibutuhkan pada otak, mata juga perlu mendapat asupan makanan yang tinggi nutrisi.

Anda hanya perlu melakukan hal sederhana setiap harinya untuk memenuhi nutrisi super untuk mata minus Anda.

1. Wortel dengan manfaat ganda

Jenis makanan yang mengandung betakaroten terbukti memiliki manfaat ganda. Saat makanan yang mengandung beta-karoten masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan mengubahnya menjadi vitamin A, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mata dan  meningkatkan kekebalan tubuh dan kecantikan kulit. Itu sebabnya, para ibu kerap kali menyuruh anak-anaknya memakan wortel. Sebab wortel adalah sumber utama beta-karoten dengan rata-rata kandungan 5000 G beta-karoten.

2. Paprika, Kubis dan Brokoli

Paprika, kubis Brussel, dan brokoli adalah makanan dengan nutrisi super! Ketiga sayuran ini masing-masing mengandung satu ton vitamin C yang tidak hanya membantu sistem kekebalan tubuh Anda, tetapi juga otak! Vitamin C adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel mata dari kerusakan. Lebih khusus lagi, vitamin C mampu mencegah atau memperlambat degradasi makula, katarak, dan glaukoma. Lalu berapa banyak jumlah paprika, kubis dan brokoli yang harus dikonsumsi? Idealnya Anda bisa mengkonsumsi sekitar ½ - 1 cangkir dari salah satu jenis sayuran ini setiap hari.

3. Ayam kalkun

Ayam kalkun adalah salah satu sumber protein yang tinggi. Kalkun teruji mampu mengurangi risiko degenerasi smakula (AMD) serta mampu melindungi otak. Namun Anda perlu waspada untuk tidak terlalu mengkonsumsi kalkun berlebihan. Seperti anjuran dari National Institutes of Health, takaran sehat bagi pria sekitar 3 mg kalkun, dan untuk perempuan sekitar 8 mg. Akan sangat baik bila disantap dengan campuran sandwich, salad atau nasi.

4. Bayam

Sama seperti salad, bayam adalah jenis sayuran hijau yang kaya dengan beta-karoten, vitamin C, anti-oksidan, dan lutein sebagai obat mujarab untuk kesehatan mata Anda. Lutein mampu menjaga mata dari serangan stres oksidatif dengan menyerap intensitas cahaya biru.

5. Seafood

Anda mungkin pernah mendengar dari dokter bahwa asam lemak Omega-3 berkhasiat menurunkan kolesterol. Tetapi apakah Anda tahu bahwa Omega-3 juga baik untuk melindungi mata Anda terhadap degenerasi makula dan sindrom mata kering? Anda bisa mendapatkan Omega-3 dari jenis-jenis seafood ini, seperti salmon, tuna, dan sarden.

Untuk mengurangi risiko masalah mata, biasanya dokter akan  merekomendasikan untuk mengkonsumsi sebanyak -01:59 porsi tuna per minggu atau satu tablet minyak ikan per hari.

Sumber : Huffingtonpost.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami