Jusuf Kalla: Banyak Begal, Pendidikan Karakter Perlu Dibenahi
Sumber: Tribunnews.com

Nasional / 4 March 2015

Kalangan Sendiri

Jusuf Kalla: Banyak Begal, Pendidikan Karakter Perlu Dibenahi

daniel.tanamal Official Writer
3316
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat bahwa fenomena begal yang menimbulkan keresahan masyarakat saat ini akibat menurunnya pendidikan karakter yang perlu dibenahi baik dilingkungan sekolah, lingkungan dan internal keluarga.

Untuk itu, JK telah meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan untuk meneliti fenomena aksi yang kini marak dilakukan kelompok anak muda itu. "Saya baru saja kontak Pak Anies Baswedan untuk segera melakukan penelitian, apa penyebab serta jalan keluar mencegah dan mengatasi fenomena begal yang terjadi sekarang ini," katanya di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (27/2/2015) sore.

Jk mengakui dirinya sangat terkejut oleh aksi tersebut dan mencoba untuk mengetahui akar penyebab dan solusi pencegah aksi begal, agar bisa membantu aparat keamanan untuk mengatasinya. "Saya menduga, sistem pendidikan karakter kita yang perlu dibenahi lagi di sekolah dan dalam pergaulan sehari-hari," tuturnya.
 
JKa menambahkan, kebiasaan anak-anak melakukan kekerasan terhadap teman-temannya di sekolah kelihatannya menjadi kebiasaan yang harus dicegah. "Saya sudah minta Pak Anies segera menyelesaikannya dan mencarikan solusinya. Intinya, fenomena begal tak boleh dibiarkan terjadi di mana-mana," harapnya.



Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami