Sopo Marpingkir, Berdiri Untuk Kembalikan Jatidiri HKBP

Sopo Marpingkir, Berdiri Untuk Kembalikan Jatidiri HKBP

daniel.tanamal Official Writer
10656
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]-->

Kerinduan untuk mengembangkan dan mengembalikan jatidiri Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), membuat pimpinan HKBP mengamanatkan kepada panitia Nasional Jubileum 150 Tahun HKBP untuk mendirikan sebuah wadah yang dapat menjadi terang bagi jemaat gereja dan juga kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sopo Marpingkir, menjadi nama yang dipilih dan disetujui oleh para panitia dengan pimpinan Edwin Pamimpin Situmorang yang saat ini menjadi Ketua Badan Pengurus Sopo Marpingkir. “Sopo Marpingkir, saya ambil dari bahasa Batak yaitu rumah tempat bertemu dan berpikir, wadah ini didirikan untuk mengembalikan jatidiri HKBP. HKBP saat ini besar dilihat dari sisi usia dan sebarannya, untuk itu jika didepan harus menjadi obor. Kalau dibelakang kan, harus menjadi pendorong,” katanya dalam pertemuan dengan para wartawan di kantornya di Ratu Plaza, Jakarta Pusat, Jumat (28/2/2015).

Edwin memaparkan bahwa Sopo Marpingkir ditujukan juga untuk sesuatu yang lebih besar untuk HKBP sendiri, dan juga untuk Indonesia. “Akan kita fungsikan sebagai pusat kegiatan HKBP, juga memberikan kajian-kajian dan kaderisasi di internal HKBP gereja dan juga bangsa. Walaupun ini adalah milik gereja, tapi ini tidak terbatas hanya gereja namun juga untuk bermasyarakat. Dari Sopo Marpingkir kita bisa menyumbangkan pemikiran-pemikiran, input-input positif agar jemaat punya moralitas yang kuat. Inilah arah dari Sopo Marpingkir,” jelasnya.

Gedung Sopo Marpingkir saat ini terletak di Pulo Gebang, Cakung, Jakrta Timur dengan delapan lantai yang meliputi Balai Pertemuan, ruang genset dan lapangan parkir. Kedelapan lantai tersebut berfungsi ruang kerjapimpinan HKBP, Kantor Litbang HKBP, Laboratorium, Perpustakaan dan juga ruang rapat. Edwin menambahkan bahwa nantinya jika Sopo Marpingkir mendatangkan profit, maka dana tersebut akan digunakan dan disalurkan untuk setiap orang yang ingin berkarya, membantu penelitian-penelitian dan kegiatan sosial.

 


<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami