5 Olahraga yang Ampuh Usir Kecemasan

5 Olahraga yang Ampuh Usir Kecemasan

Lori Official Writer
3756
Kecemasan adalah hal yang sangat umum dialami setiap orang. Penyebabnya sangat beragam, seperti besarnya tingkat persaingan dalam pencapaian hidup dan masa depan, jodoh atau rezeki yang mungkin masih belum menentu.  

Saat kecemasan melanda, seseorang akan cenderung merasa tertekan, stres, terhimpit, ketakutan dan tidak nyaman. Namun untuk menghindari hal tersebut Anda dapat mengusir segala rasa cemas tersebut dengan melakukan olahraga berikut:

1. Atur pernapasan

Saat sedang dalam kondisi cemas, Anda akan lebih semsitif sehingga akan sangat mempengaruhi pola pernapasan. Anda bisa melakukan latihan pernafasan dengan olah vokal. Atau dengan menarik nafas dalam-dalam, tahan selama beberapa detik, kemudian hembuskan perlahan. Lakukan hal ini selama 3 kali setiap saat Anda melakukannya.

2. Regangkan otot

Saat cemas melanda dimanapun, termasuk di kantor, Anda bisa melakukan peregangan otot sejenak. Caranya, berlarilah sejenak ke toilet atau menuruni tangga. Manfaatkan waktu tersebut dengan gerakan kecil seperti meregangkan otot sembari melatih pernafasan. Olahraga sederhana ini ampuh membuat otot Anda rileks dan pikiran kembali tenang.

3. Lari Marathon

Lari adalah salah satu olahraga ringan dan mudah yang bisa dilakukan pada saat pagi atau sore hari. Lari Marathon menjadi pilihan olahraga yang akan membantu Anda mengatur nafas dan mengeluarkan keringat lebih banyak. Untuk hasil yang efektif ambil waktu secara teratur setiap harinya.

4. Olahraga menantang

Kecemasan sangat identik dengan rasa takut. Cobalah olahraga yang lebih menantang mental Anda, misalnya dengan olahraga rafting atau outbound. Metode ini akan menantang keberanian sehingga Anda tidak akan mudah cemas apalagi takut. Sebab Anda berani mengembleng mental untuk menghadapi rasa cemas Anda.

5. Jalan santai

Jalan santai di pagi hari sangat dianjurkan bagi kesehatan mental dan psikis. Udara segar dan sejuknya akan memberi kesegaran bagi organ tubuh, apalagi bila saat-saat jalan santai dibarengi dengan perenungan sejenak. Menikmati setiap pemandangan kiri kanan dan mulai mensyukuri segala yang ada. Saat Anda bersyukur, otomatis tubuh dan pikiran Anda akan segar dan bugar.

Rasa cemas adalah bentuk emosi yang bisa dialami siapapun ketika diperhadapkan pada satu tantangan atau ketidakpastian. Namun jangan biarkan kecemasan merenggut sukacita Anda.

Sumber : Vemale.com/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami