Tony Abbott Minta Maaf, JK: Ucapannya Keliru
Sumber: Tribunnews.com

Nasional / 23 February 2015

Kalangan Sendiri

Tony Abbott Minta Maaf, JK: Ucapannya Keliru

Lori Official Writer
5902
Perdana Menteri Australia Tony Abbott akhirnya meminta maaf atas pernyataannya yang mengaitkan bantuan tsunami sebagai balas budi yang harusnya diingat Indonesia terkait permohonan pembebasan eksekusi mati dua warganya, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran (baca Pernyataan Tony Abbott Ini).

Permohonan maaf itu akhirnya disampaikan lewat telepon kepada Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK). Permohonan maaf itu disampaikannya setelah sebelumnya disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Australia, Julie Bishop. Secara pribadi Abbott meminta maaf karena telah mengungkit-ungkit bantuan kemanusiaan tsunami di tahun 2006 silam.

“Dia (Tony Abbott) menjelaskan (lewat telefon) dan menyadari bahwa itu suatu kekeliruan,” ujar JK, seperti dilansir Okezone.com, Senin (23/2).

Seperti diketahui, pernyataan keliru Abbott pekan lalu sempat memicu amarah dari warga negara Indonesia, khususnya Aceh. Para pelaku netizen bahkan memeriahkan gerakan mengumpulkan koin untu mengembalikan bantuan yang pernah disumbangkan oleh Australia kepada korban bencana tsunami. Seperti di media sosial Twitter, gerakan itu dimeriahkan dengan hashtag #KoinuntukAustralia dan #CoinForAustralia.

JK bahkan menganggap aksi tersebut sebagai luapan emosi masyarakat terhadap sikap Pemerintah Australia. Namun setelah permohonan maaf tersebut, Indonesia tampaknya masih tetap menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan pihak Australia.

Sumber : Okezone.com/Kompas.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami