Cara Meraup Uang Dengan Blog
Sumber: Alltop9.com

Entrepreneurship / 23 February 2015

Kalangan Sendiri

Cara Meraup Uang Dengan Blog

Lori Official Writer
3587
Blog adalah bentuk lain dari akun media sosial yang digunakan persis seperti fungsi website untuk menyebarkan tulisan dan gambar. Sebelumnya, kehadiran blog digunakan sebagai pengganti buku harian. Namun semakin maraknya bisnis online seperti sekarang ini blog bahkan beralih fungsi menjadi sarana untuk membangun bisnis dan meraup sejumput uang.

Blog bisa dibuat dengan cara gratis, seperti menggunakan layanan wordpress, blogspot atau blog detik. Bila selama ini Anda belum mengetahui cara meraup uang dari blog, maka penting bagi Anda mempelajari cara yang sudah banyak dilakukan oleh para blogger, sebutan untuk para penggiat blog. Simak beberapa poin berikut:

1 Pasang iklan  

Bila Anda adalah seorang blogger yang aktif mengelola konten, maka manfaatkan blog untuk menyediakan tempat untuk pemasangan iklan. Anda dapat menggunakan program iklan kontekstual (contextual ads program), dimana materi iklan yang muncul akan menyesuaikan dengan keyword konten blog. Program yang paling banyak diminati adalah Google Adsense dan Chitika.

2. Pasang Afiliasi

Program jenis ini telah terbukti telah banyak memberi keuntungan bagi banyak pelaku blogger. Afiliasi atau kemitraan ini adalah cara sempurna untuk memperluas jangkauan Anda kepelanggan dari segmen online lainnya. Anda memiliki kontrol penuh dari seluruh proses, dari membuat banner hingga menyetujui komisi, sementara saat yang sama proses kontrol sepenuhnya berjalan secara otomatis. Kemitraan yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis online adalah clickbank, amazon dan linkshare.

3. Sponsorship

Seorang blogger juga bisa mendulang uang dengan menyewakan tempat di blog untuk iklan langsung dari klien. Jika blog Anda cukup ramai dikunjungi, peluang untuk mendapatkan sponsorship sangat terbuka lebar.  Banyak perusahaan yang akan melirik blog Anda bila benar-benar banyak menyedut perhatian pengunjung. Bisa jadi pihak sponsor meminta Anda untuk mereview, mengulas atau menulis tentang suatu topik yang berkaitan dengan pihak sponsor.

4. Penulis buku

Anda mungkin sangat aktif mengurus blog dengan mengisi konten secara teratur dan tanpa terasa sudah berisi ratusan tulisan. Akan sangat mudah bagi Anda menemukan penerbit yang bersedia mmebukukan tulisan-tulisan Anda. Buku juga adalah sumber penghasilan bukan?

5. Menjual merchandise blog

Banyak blog yang menjadi terkenal dan dibaca oleh publik, mungkin karena menyediakan referensi terpercaya, konten yang berbobot dan memberi manfaat yang luar biasa. Secara otomatis blog menjadi terkenal dan memiliki brand image yang baik dan kuat. Nah, jika demikian tidak sulit bagi Anda untuk sembari menjual merchandise yang menjadi cirri khas blog Anda. Misalnya, tas, topi, T-shirt, dompet dan sebagainya.

Sumber : Portal-uang.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami