Kenali Trouble Maker Keuangan Anda

Kenali Trouble Maker Keuangan Anda

Lusiana Official Writer
3094
Gaya hidup masyarakat perkotaan memang cenderung sangat konsumtif. Karenanya, tak heran jika banyak orang yang mengalami masalah keuangan. Sebagian besar masalah keuangan datang karena banyak orang yang tidak mampu membedakan kebutuhan dengan keinginan. Dosen Fakultas Ekonomi UI, Hilda Fachriza memaparkan penyebabnya sebagai berikut :

1.  Tidak Memiliki Rencana Keuangan

Untuk menghindari sifat boros yang selalu melanda, ada baiknya jika Anda berpikir untuk membuat rencana keuangan. Memiliki anggaran untuk beberapa kebutuhan tertentu dan jangan hanya berpikiran pendek untuk kesenangan sesaat.

2.  Malas Menabung

Cobalah untuk menabung paling tidak 10 persen dari penghasilan Anda, ini akan sangat bermanfaat ketika Anda membutuhkan dana yang mendesak.

3.  Kurangnya Manajemen Keuangan

Sifat konsumerisme yang berlebih terkadang muncul karena kurangnya pendidikan keuangan. Pendidikan keuangan tidak harus membuat Anda kaya raya, tetapi mampu untuk mengelola keuangan pribadi Anda agar terhindar dari masalah keuangan.

4.  Tidak memiliki visi yang pasti

Sikap konsumerisme juga terkadang disebabkan oleh tidak adanya visi di masa depan. Setiap orang tentu harus memiliki rencana untuk masa depan mereka. Ini akan membantu Anda untuk paling tidak menyisihkan sebagian dari penghasilan Anda untuk visi Anda di masa depan.

Beberapa cara diatas dapat Anda gunakan mengatur keuangan Anda. Tdak mudah memang mengubah kebiasaan lama tapi Anda harus bisa membiasakan diri dengan perubahan. Kelilingi diri Anda dengan tips-tips bermanfaat seperti halnya uraian diatas, bisa dari artikel di web atau melalui tayangan televise yang mendidik seperti halnya Solusi Life. Program ini selain menyajikan berita terhangat khususnya bagi masyarakat perkotaan, juga menayangkan kisah-kisah inspiratif ataupun kiat sukses. Jika Anda ingin orang lain terinspirasi juga dari tayangan ini, Anda dapat memberikan dukungan dengan menjadi Mitra CBN

Sumber : dari berbagai sumber

Ikuti Kami