Whiplash, Kisah Menegangkan Murid dan Guru Musik yang Kejam

Whiplash, Kisah Menegangkan Murid dan Guru Musik yang Kejam

Lori Official Writer
5696
Whiplash adalah film thriller dramatik tentang musik jazz Amerika. Film ini berkisah tentang Andrew Neyman (Miles Teller), seorang drummer muda yang ambius dan menjalani pendidikan di sekolah musik Shaffer Conservatory di New York City. Andrew hendak meningkatkan karir musiknya, namun terasa sangat sulit. Lalu ia bertemu dengan Terence Fletcher (J.K Simons), seorang guru musik kejam yang selalu menekan kemampuan drummernya hingga dirinya merasa cukup frustrasi. Sepanjang film, adegan lebih didominasi oleh Andrew dan Fletcher, karena inti dari film memang berfokus pada hubungan menegangkan antara murid dan guru tersebut. Hubungan keduanya ibarat pertandingan tinju, penuh peluh dan darah.
Alur cerita Whiplash terbilang sederhana dan mudah dipahami, namun tetap rumit, enerjik dan meledak-ledak karena benar-benar menampilkan musik yang penuh sinergi. Kelemahan dalam narasinya yang simple bahkan berhasil ditutupi dengan kompleksitas karakter pemain, khususnya Andrew yang berperan sebagai murid dari guru jazz yang sangat gila, membuat arti cerita menjadi lebih kuat dan terus mengalir. Belum lagi dengan karakter  Terence Fletcher mungkin adalah karakter guru musik paling sinting yang pernah ada, namun di sisi lain ia adalah tokoh kharismatik yang memesona dengan kemampuan bermusiknya yang perfeksionis dan teknik mengajarnya yang tidak biasa. Yang dilakukan Fletcher  bisa membuatmu menangis seperti anak 3 tahun.

Selain itu, sinematisnya juga tersusun sangat rapi dan menawan. Film ini menampilkan visual dan pengambilan gambar yang sangat menawan. Termasuk saat Andrew memainkan drum yang berhasil menangkap sekuens musikalnya dari berbagai bagian yang berbeda.

Saat menonton Whiplash Anda akan merasakan ketegangan sekaligus keharuan secara bersamaan. Sebab ambisi kuat Andrew untuk menjadi drummer ternama harus dilaluinya dengan penuh kerja keras, salah satunya menghadapi guru musik seperti Fletcher yang sangat gila namun genius. Seperti film-film inspiratif lainnya yang pernah Anda tonton, Anda akan kembali diingatkan bahwa untuk mencapai sukses itu tidaklah mudah. Anda harus siap dibentuk kendati harus mencapai proses yang sangat sakit terlebih dahulu.


Whiplash

Sutradara: Damien Chazelle

Producer : Jason Blum, Helen Estabrook, David Lancaster dan Michel Litvak

Genre: Drama Thriller

Pemain: Miles Teller, J.K. Simmons, Paul Reiser, Melissa Benoist, Austin Stowell, Nate Lang, Chris Mulkey, Damon Gupton

Sumber : Movieguide.org/jawaban.com/ls

Ikuti Kami