Beli Asuransi Perjalanan, Perlukah?
Sumber: Seniormotif.com

Investment / 18 February 2015

Kalangan Sendiri

Beli Asuransi Perjalanan, Perlukah?

Puji Astuti Official Writer
5170

Berwisata kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia. Berbagai tujuan wisata lokal maupun manca negara dapat dengan mudah dijangkau, terlebih dengan iming-iming harga promo dan diskon. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah orang Indonesia yang berwisata keluar negeri mencapai 8,7 juta di tahun 2013, meningkat sebesar 7 persen dibandingkan tahun 2012. Namun banyak traveler atau masyarakat Indonesia yang hobi jalan-jalan tersebut mengabaikan satu hal yang penting, yaitu asuransi perjalanan.

Menurut Corporate Strategic Planning Division Head Asuransi Umum Adira Dinamika, Hardianto Wirawan yang dikutip oleh Kontan.co.id, umumnya asuransi perjalanan memberikan pertanggungan atas kecelakaan dan kematian yang terjadi saat perjalananbaik keluar kota maupun ke luar negeri.

 “Jika melakukan perjalanan ke luar kota, apalagi luar negeri, dan sakit, sering kita bingung harus bagaimana dan tidak ada nomor yang dihubungi. Di sinilah pentingnya asuransi," demikian jelas Hardianto.

Mahalkah premi asuransi perjalanan?

Jika bicara tentang harga, asuransi perjalanan terbilang cukup terjangkau. Selain itu, biasanya premi asuransi perjalanan tidak dibayar secara terartur, tetapi saat Anda bepergian saja. Walau demikain, Anda harus berhati-hati dalam memilih asuransi perjalanan.

Bagaimana memilih asuransi perjalanan yang tepat?

Dengan banyaknya produk asuransi saat ini, Anda harus mempelajari dengan teliti terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Fasilitas yang diberikan setiap produk bisa jadi berbeda-beda, tergantung dari perusahaan asuransinya dan juga jumlah premi yang harus dibayarkan. Asuransi dari perusahaan lokal Indonesia terbilang lebih murah dari pada perusahaan asuransi dari luar negeri, namun tentunya fasilitasnya pun bisa dibandingkan.

Jika Anda memutuskan untuk membeli asuransi perjalanan, berikut adalah tips untuk memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda :

1# Mengerti dengan detail isi premi

Pastikan Anda dengan teliti membaca isi premi ketika akan membelinya, baik fasilitas, besaran tanggungan, bahkan hal apa saja dan siapa yang ditanggung. Jika ada hal yang tidak dimengerti, mintalah penjelasan agen asuransinya.

2# Bandingkan dengan produk lain

Akan lebih baik membuat perbandingan bukan hanya antar produk hanya dari satu perusahaan asuransi saja, namun dari beberapa perusahaan lain. Pertimbangkan harga premi dan fasilitas yang Anda dapatkan. Lihat kembali pada kebutuhan Anda.

3# Periksa sejarah dari perusahaan asuransinya

Pastikan bahwa Anda membeli perusahaan asuransi yang memiliki catatan sejarah yang baik dalam pembayaran klaim asuransi. Jangan memilih hanya karena harganya murah, namun saat Anda mengklaim perusahaan asuransi tersebut mempersulit.

Ketika Anda sudah memiliki asuransi perjalanan, pastikan jika Anda menggunakan agen perjalanan untuk berwisata mereka mengetahuinya, jadi jika sesuatu terjadi pada saat perjalanan mereka bisa membantu Anda.

Tentunya tidak seorangpun mengharapkan sesuatu yang buruk terjadi pada dirinya, namun asuransi membantu kita untuk mengecilkan resiko baik bagi kita sendiri maupun keluarga kita ketika sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. Jadi, pastikan Anda memiliki asuransi perjalanan ketika bepergian, karena hal itu menjadi seperti jaring pengaman bagi Anda dan keluarga.


Sumber : Kontan.co.id | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami