Perbedaan Pola Asuh Ayah dan Ibu
Sumber: Google

Parenting / 17 February 2015

Kalangan Sendiri

Perbedaan Pola Asuh Ayah dan Ibu

Theresia Karo Karo Official Writer
8590
Predikat orang tua yang paling dekat dengan anak biasanya selalu ditujukan pada ibu. Sedangkan ayah dianggap sangat jarang menjalin kedekatan dengan anak, dikarenakan kesibukannnya. Akan tetapi hal ini tidak bisa digeneralisasikan kepada semua orang tua. Sebab sebagai ayah, mereka punya caranya sendiri dalam mengasuh anak:

Ayah Lebih Suka ’Main Fisik’
Main fisik yang dimaksud bukanlah ‘ringan tangan’. Para ayah lebih suka menjalin kedekatan dengan mengajak anak jalan, olahraga, atau bermain. Contohnya, main bola, mengayunkan anak tinggi-tinggi atau aktifitas lainnya yang melibatkan kekuatan fisik. Sedangkan ibu terkenal dengan kata-katanya yang mampu menenangkan, membuat anak merasa nyaman, dan senang.

Ketika Bayi Gelisah

Saat bayi mulai gelisah, biasanya para ayah akan langsung mengajaknya berbicara agar tenang. Sebaliknya kebanyakan ibu akan segera menyentuh dan mengelus bayi ketika mulai gelisah.

Ketika Bermain
Saat bermain bersama, secara tidak langsung ayah sedang membimbing anak untuk dapat mengatur emosi dan berani menerima kekalahan. Sedangkan kebanyakan ibu lebih suka untuk mengalah agar Si kecil menang dan merasa senang.
 
Pada dasarnya perbedaan pola asuh antara ayah dan ibu tergolong wajar. Hal ini dikarenakan peran keduanya dalam keluarga juga berbeda. Ayah berperan sebagai pencari nafkah, pelindung, dan pemimpin keluarga. Untuk memenuhi peranan tersebut, para ayah diharapkan bersikap tegas, bijaksana, mengasihi keluarganya, sekaligus tetap mengambil bagian dalam pengasuhan dan pendidikan anak. Sedangkan peranan ibu lebih menonjol sebagai orang yang memenuhi kebutuhan anak, merawat keluarga dengan kesabaran, mesra, dan konsisten dalam pengasuhan.

Meskipun begitu dalam mengasuh anak, idealnya kedua orang tua memiliki gaya otoritatif. Maksudnya adalah berusaha menyeimbangkan antara membimbing dengan batasan yang jelas, namun tidak terlihat seperti mengatur. Karena pola inilah yang kemudian menumbuhkan hubungan sehat antara anak dan orang tua.

Sumber : Fimela/Okezone.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami