4 Cara Membantunya Lewati Masa-masa Sulit
Sumber: Google

Marriage / 17 February 2015

Kalangan Sendiri

4 Cara Membantunya Lewati Masa-masa Sulit

Theresia Karo Karo Official Writer
5329
Terdapat istilah yang mengatakan bahwa kehidupan manusia layaknya roda yang berputar. Ada saatnya kita berada di titik teratas dan ada saatnya kita berada di titik terbawah.

Mungkin bukan anda yang merasakan masa sulit saat ini, akan tetapi pasangan. Membiarkannya sendiri untuk menyelesaikan masalahnya tentu bukan pilihan yang tepat. Justru ini adalah saat di mana dia paling membutuhkan dukungan penuh dari pasangannya. Berikut 4 hal yang dibutuhkan pasangan saat dia berhadapan dengan masa sulit:

Bukan Ini yang Ingin Didengarnya
“Kan sudah aku bilang…” atau “Kamu sih engga pernah mau dengar kata aku”, dan lain sebagainya. Bukan ini yang ingin didengarnya! Kata-kata tadi tidak akan meringankan bebannya, justru membuatnya berpikir negatif tentang pasangannya dan membuatnya malas untuk meminta pendapat anda. Sebaliknya, bantu pasangan anda untuk sejenak mengalihkan perhatiannya dari keterpurukannya dengan melakukan banyak hal menyenangkan.

Moodbooster
Saat pasangan gagal, merasa terpuruk, dan berada di masa sulit, hindari pertanyaan yang sudah anda ketahui jawabannya. Misalnua bertanya, “kamu engga apa-apa?” atau mengungkapkan hal-hal yang membuatnya tampak lemah. Di saat ini, sebaiknya anda bisa lebih  ‘menguatkan’ diri anda dan jangan ikut menampakkan kesedihan di depan pasangan. Salurkan energi positif dengan senyuman, semangat, dan kehangatan anda. Beri dia waktu untuk bisa menerima keadaan.

Bersabarlah
Sebaiknya jangan memaksanya untuk segera memberi tahu anda, masalah apa yang sedang dihadapinya. Bersabar juga termasuk dukungan tidak terlihat yang bisa membuatnya lebih baik. Daripada terus mengganggunya dengan pertanyaan-pertanyaan, sebaiknya lakukan dukungan kecil seperti memeluk, mencium, atau membuatkan makanan kesukaannya. Sehingga pasangan merasa lebih tenang.

Memang ada saatnya dia tidak ingin segera memberi tahu anda apa masalahnya. Bukan karena dia tidak peduli namun karena dia tidak ingin anda terbebani.

Ini adalah dukungan nyata yang bisa diberikan pada pasangan. Mendampinginya di masa sulit dapat membuatnya semakin kuat untuk bangkit kembali. Saat anda berada di sampingnya dan mendukungnya, dia akan berusaha berjuang untuk menggapai kebahagiaan bersama.

Penting diingat untuk selalu mengupayakan hal terbaik dari anda untuk mendukung pasangan. Bila menurut anda cara diatas tidak terlalu membantu, maka perdalam sisi empati anda. Sehingga anda bisa merasakan apa yang dirasakan pasangan dan anda bisa tahu pasti cara terbaik untuk membantunya melewati masa sulit.

Sumber : Lintas/Jawaban.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami