Susah BAB? Atasi Dengan Ini

Susah BAB? Atasi Dengan Ini

Lori Official Writer
4678
Susah Buang Air Besar (BAB) atau sembelit adalah gangguan kesehatan yang umum pasti pernah dialami setiap orang. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya minum air dan jarang mengkonsumsi serat.

Jika Anda termasuk orang yang gemar mengkonsumsi daging tanpa diimbangi dengan makan sayur dan buah, maka Anda akan rentan menghadapi masalah susah BAB. Selain itu, hal lain yang juga dapat menyebabkan masalah pencernaan ini bisa juga akibat stres, dehidrasi dan kehamilan.

Selain menerapkan pola makan yang baik, misalnya memenuhi serat dan air yang cukup, sulit BAB bisa Anda atasi dengan memberi pijatan ringan di sekitar area perineum, area di antara anus dan vulva pada perempuan dan pada pria di area anus dan skrotum. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of General Internal Medicine menemukan bahwa teknik memijat bisa membantu mengatasi masalah sembelit atau BAB.

Studi ini telah diuji coba kepada 100 orang yang bermasalah dalams proses BAB. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberi teknik mengatasi sulit BAB dengan perawatan standar dan lainnya diajarkan teknik dengan memijat perineum. Setelah empat minggu, para peneliti menemukan bahwa kelompok yang memijat mengalami peningkatan fungsi usus. 82 persen responden mengatakan mereka akan terus melakukannya.

Teknik ini hampir sama dengan proses melahirkan pada ibu hamil. Ibu hamil sangat disarankan untuk memijat bagian perineum untuk membanu menenangkan area perut dan melancarkan persalinan. Pijatan itu juga akan melancarkan proses buang air besar melalui usus.

Setelah mengakui keberhasilan teknik ini, peneliti juga sangat menyarankan agar para dokter memberitahu pasien mereka tentang teknik pijat sebagai cara mudah mengatasi susah BAB disamping mengatur pola makan tentunya.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami