Keterbukaan Awal Dari Pemulihan

Keterbukaan Awal Dari Pemulihan

Tiurma Ida Purba Official Writer
14206
Apakah Anda percaya Tuhan memiliki rencana yang indah dalam hidup Anda, bahkan keluarga Anda? Ketika Tuhan menciptakan Adam dan Hawa, Tuhan memiliki rencana yang sangat indah bagi mereka. 

A. Rencana 
Kejadian 2:22-23 
Dan dari rusuk yang diambil Tuhan Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawaNya kepada manusia itu. Lalu berkatalah manusia itu: “ Inilah dia, tulang dari tulangku dan daging dari dagingku. Ia akan dinamai perempuan, sebab ia diambil dari laki-laki. 

Ketika Anda masuk dalam rencana Tuhan, apa yang akan Anda lakukan? Pastinya Anda akan melakukan hal-hal yang akan mendukung agar rencana Anda terjadi. Sama seperti Tuhan. Dia memiliki rencana yang indah dalam hidup Anda, dan Dia akan memberitahukan kepada Anda apa saja hal-hal untuk mencapai rencana tersebut dan tentunya ada juga hal-hal yang tidak boleh anda lakukan. 

Masih ingatkah ketika Tuhan berfirman kepada Adam dan Hawa ? 

Kejadian 2: 16 – 17 
Lalu Tuhan Allah memberi perintah ini kepada manusia:” Semua pohon dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kau makan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati. 
Inilah perintah Tuhan kepada Adam dan Hawa. Apakah mereka mematuhi apa yang sudah Tuhan rencanakan untuk mereka? 

B.  Melanggar Perintah
Dalam taman Eden, Tuhan menempatkan banyak binatang, salah satunya adalah ular. Menurut alkitab Ular adalah binatang yang paling licik. 

Kejadian 3:1 
Adapun ular ialah yang paling cerdik dari segala binatang di darat yang dijadikan oleh Tuhan Allah. Ular itu berkata kepada perempuan itu: “ Tentulah Allah berfirman : Semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya, bukan?” 

2 Korintus 11:3 
Tetapi aku takut, kalau-kalau pikiran kamu disesatkan dari kesetiaan kamu yang sejati kepada Kristus, sama seperti Hawa diperdayakan oleh ular itu dengan kelicikannya. 

Saat itu ular menggoda Hawa untuk memakan buah pengetahuan itu. Lalu apakah Hawa tergoda untuk memakannya ? 

Kejadian 3:6 Perempuan itu melihat, bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan dan sedap kelihatannya, lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian. Lalu ia mengambil  dari buahnya dan dimakannya dan diberikannya juga kepada suaminya  yang bersama-sama dengan dia, dan suaminyapun memakannya.

Melanggar apa yang Tuhan perintahkan sepertinya sudah menjadi hal yang wajar. Kewajaran yang memang sudah menjadi kebiasaan. Karena Adam dan Hawa memakan buah pengetahuan tersebut, maka mereka merusak rencana yang sudah Tuhan rancangkan dalam hidup mereka. 
Lalu apa yang terjadi ketika mereka memakan buah pengetahuan tersebut? Apa yang terjadi, setelah manusia melakukan dosa?

C. Hukuman 
Kejadian 3: 16 
FirmanNya kepada perempuan itu : “ Susah payahmu waktu mengandung akan Kubuat sangat banyak;dengan kesakitan engkau akan melahirkan anakmu; namun engkau akan berahi kepada suamimu dan ia akan berkuasa atasmu”. 

Setelah Adam dan Hawa melakukan dosa, yang terjadi adalah hukuman Allah yang harus mereka jalani. Salah satu hukuman bagi Hawa dan bagi para wanita di seluruh dunia adalah merasakan sakit ketika melahirkan. Mungkin Anda pernah mengalami seperti Adam dan Hawa. Anda mendapatkan hukuman setelah melakukan dosa. 

Mengapa Allah menghukum Adam ? 

Kejadian 3:17
Lalu firmanNya kepada manusia itu : “ Karena engkau mendengarkan perkataan isterimu dan memakan dari buah pohon, yang telah Kuperintahkan kepadamu: Jangan makan dari padanya, maka terkutuklah tanah karena engkau; dengan bersusah payah engkau akan mencari rezekimu dari tanah seumur hidupmu; 

Pada ayat ini menjelaskan bahwa ketidakpatuhan Adamlah yang membawanya kepada hukuman Allah. Ketika itu Adam lebih memilih untuk mendengarkan pasangannya dibanding apa yang Tuhan firmankan. Hal ini juga menjadi pelajaran bahwa yang harus menjadi dasar bagi setiap keluarga adalah firman Tuhan. Jadi, ketika adanya perbedaan pendapat atau pertengkaran dalam keluarga, setiap pasangan bisa saling menasihatkan dalam kasih berdasarkan Kasih Tuhan. 

D. Penebusan 
Setelah Adam dan Hawa melakukan dosa, apakah Tuhan mengampuni mereka? 

2 Korintus 5:17 -1 9 
Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaran Kristus telah mendamaikan kita dengan diriNya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kamu. Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diriNya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami. 

Ini adalah ayat yang membuktikan bahwa Cinta Yesus sangat besar kepada manusia. Dia tidak pernah mengingat-ingat apapun yang telah Anda lakukan. 

Galatia 3: 13 
Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis : “ Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib”

Hanya dengan disalib, Yesus dapat menebus dosa Anda. Dia melepaskan Anda dari kutuk, dan dengan rela menjadikan diriNya dikutuk di atas kayu salib. 

Wahyu 22:1-3 
Lalu ia menunjukkan kepadaku sungai air kehidupan, yang jernih bagaikan Kristal, dan mengalir ke luar dari takhta Allah dan takhta Anak Domba itu. Di tengah- tengah jalan kota itu, yaitu di seberang – menyeberang sungai itu, ada pohon-pohon kehidupan yang berbuah dua belas kali, tiap-tiap bulan sekali; dan daun pohon-pohon itu dipakai untuk menyembuhkan bangsa-bangsa. Maka tidak akan ada lagi laknat. Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hambaNya akan beribadah kepadaNya. 

Ketika Tuhan menebus dosa umat manusia, hidup manusia akan menjadi baru. Ada pemulihan yang terjadi bagi Adam dan Hawa. Mengapa Tuhan memulihkan Adam dan Hawa? Tanpa disadari adalah karena keterbukaan Adam dan Hawa. Mereka mengakui dosa yang telah mereka perbuat. Keterbukaan kepada Allah adalah jalan satun-satunya agar Anda dapat dipulihkan. Bukan berarti Tuhan tidak mengetahui apa yang telah anda lakukan. Tapi semata-mata, Tuhan ingin melihat keterbukaan Anda kepadaNya. Terkadang manusia sulit untuk terbuka dan mengakui dosa yang telah diperbuat. Ketika Anda tidak terbuka kepada Allah, Dia tidak bisa memulihkan Anda. Ingat, Tuhan sudah memberikan kehendak bebas kepada Anda, yaitu hati Anda. Pergunakanlah dengan sebaik-baiknya. 

Kiranya ada pemulihan pada keluarga Anda. Terbukalah kepada Allah dan Dia akan bekerja dalam hidup Anda. 

Sumber : berbagai sumber/jawaban.com by tiur
Halaman :
1

Ikuti Kami