Kala Si Kecil Sering Mimpi Buruk

Kala Si Kecil Sering Mimpi Buruk

Theresia Karo Karo Official Writer
3708
Tidak hanya orang dewasa, ternyata mimpi buruk juga kerap dialami oleh anak-anak. Yang sering terjadi saat Si kecil bermimpi buruk adalah mereka menjadi gampang merasa takut dan cemas. Bila tidak ditangani secara tepat, maka hal ini dapat berpengaruh pada tumbuh kembang anak kedepannya.

Berikut beberapa langkah yang bisa orang tua lakukan untuk membantu anak meredakan rasa takutnya:

Perhatikan pencahayaan kamar tidur anak
Sementara ini nyalakan terus lampu setiap malam untuk meredakan rasa takutnya secara bertahap. Dikarenakan kegelapan dapat mengembalikan ingatannya akan mimpi buruk dan memicu rasa takutnya. Atau bila anak merasa sulit tidur dengan terangnya lampu, siasati dengan meletakkan lampu tidur yang redup di dekat sisi tempat tidurnya.

Ajak Si kecil bicara tentang mimpinya
Sehingga orang tua paham tentang apa yang dirasakan atau dipikirkan oleh Si kecil. Akan lebih baik bila anda juga melakukan hal yang serupa dengan mimpinya yang baik.

Sebelum tidur, lakukan rutinitas yang menyenangkan
Bisa dengan membacakan buku dongeng, bercerita atau berdoa bersama. Sehingga anak merasa lebih tenang dan merasa aman.

Konsultasi ke psikolog
Bila tiga hal diatas telah anda lakukan dan belum terjadi perubahan apapun, maka ada baiknya orang tua mengajak anak untuk berkonsultasi dengan tenaga ahli atau psikolog. Bila mimpi buruk sering terjadi dan tidak ditangani dengan tepat, maka berpengaruh pada pertumbuhan mental dan mempengaruhi kegiatan regular seperti belajar atau olahraganya.

Sumber : Metrotvnews/Viva.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami