Nangka, Si Kuning yang Kaya Khasiat

Nangka, Si Kuning yang Kaya Khasiat

Lori Official Writer
8140

Buah yang identik dengan daging serat berwarna kuning ini memiliki bau dan aroma yang khas. Rasanya yang manis sangat cocok dijadikan sebagai campuran es. Meski harus rela bergelut dengan getah buah dan lateksnya yang sangat lengket, namun buah yang satu ini ternyata begitu kaya khasiat lho.

Anda mungkin tidak pernah membayangkan bila si kuning yang satu ini kaya akan beragam kandungan gizi, seperti vitamin A, C dan B kompleks, kaya serat, mineral, kalori dan protein tinggi yang berkhasiat untuk:

#1 Meningkatkan sistem imun

Ini adalah keuntungan terbaik dari buah nangka. Kandungan vitamin c yang kaya berguna untuk melindungi tubuh dari serangan infeksi bakteri dan memperkuat sistim imun dengan meningkatkan fungsi sel darah putih.

#2 Mencegah Kanker

Khasiat yang tak kalah baik dari buah nangka adalah mampu mencegah kanker karena kaya akan kandungan phytonutrisi seperti lignan, saponin dan isoflavon. Kandugan ini berfungsi sebagai anti kanker dan penangkal penuaan dini.

#3 Menjaga kesehatan pencernaan

Meski nangka mengandung gas yang tinggi, ternyata nangka sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan. Nangka diklaim dapat mencegah penyebab maag dan gangguan kesehatan. Jika Anda menderita sembelit, cicipilah nangka untuk melancarkan pencernaan Anda.

#4 Penambah energi

Meski tidak mengandung banyak air, nangka ternyata menjadi salah satu buah yang mampu meningkatkan energi dalam tubuh. Kandungan fruktosa dan sukrosa dalam nangka berfungsi sebagai penambah energi yang sempurna tanpa meningkatkan kadar gula Anda.

#5 Menurunkan hipertensi

Kandungan potasium dalam nangka bermanfaat untuk menurunkan hipertensi atau darah tinggi. Konsumsi nangka sesuai kebutuhan Anda untuk mencegah kemungkinan Anda mengalami serangan jantung dan stroke.

#6 Mengontrol Asma

Manfaat kesehatan lain dari nangka adalah sebagai pengontrol penyakit asma. Penelitian menganjurkan untuk merebus akar nangka dan dikonsumsi secara teratur.

#7 Mencegah Anemia

Anemia adalah penyakit yang banyak dialami oleh kaum perempuan. Dan pilihan mudah untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi buah nangka karena membantu proses sirkulasi darah.

#8 Membantu Mengontrol Tiroid

Nangka merupakan sumber yang kaya tembaga, yang membantu dalam menjaga tiroid saat tubuh memproduksi hormon. Jika Anda memiliki masalah tiroid, memakan beberapa biji buah nangka akan jauh lebih sehat dibanding mengkonsumsi obat keras.

#9 Memperkuat Tulang

Nangka yang mengandung magnesium yang berguna untuk penyerapan kalsium dalam tubuh. Selain mengkonsumsi kacang-kacangan, Anda juga bisa memanfaatkan khasiat nangka untuk kepadatan tulang Anda.

#10 Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Penuaan

Antioksidan dalam nangka memperlambat proses penuaan. Air buah ini berfungsi untuk melembabkan kulit dan mempertahankan kekenyalan kulit wajah.

#11 Mencegah Katarak

Kandungan vitamin A dalam nangka sangat baik bagi kesehatan mata karena mampu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) dan paparan matahari. Selain itu, nangka juga sangat berguna untuk mencegah penyakit katarak.

#12 Baik Bagi Ibu Hamil

Nutrisi yang terkandung dalam nangka bermanfaat bagi ibu hamil dan menyusui. Vitamin B dalam nangka memberi energi, mengontrol hormon serta meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil.

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls

Ikuti Kami