5 Metode Alami Awetkan Makanan Tanpa Kulkas
Sumber: Masonjarsbulk.com

Entertainment / 1 February 2015

Kalangan Sendiri

5 Metode Alami Awetkan Makanan Tanpa Kulkas

Lori Official Writer
19398
Kulkas menjadi salah satu tempat penyimpanan makanan agar tahan lama. Namun tahukah Anda bahwa ada metode lain yang bisa Anda lakukan untuk tetap dapat menjaga makanan Anda awet tanpa masuk kulkas. Anda tetap bisa menjaga kualitas dan kesegaran sayuran, buah dan beberapa jenis makanan lain dengan cara-cara alami ini.

#1 Mangkuk berisi air dingin

Metode ini digunakan untuk bahan makanan jenis sayur-sayuran atau buah. Caranya, isi mangkuk dengan air dingin kemudian rendam bahan makanan Anda di dalamnya agar tetap segar. Pastikan makanan tersebut dikomsumsi dalam waktu beberapa hari kemudian agar kesegarannya masih terjaga.

#2 Es Batu

Untuk menyimpan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, Anda dapat menggunakan semangkuk es batu. Serupa dengan metode pertama, gunakan mangkuk berisi es batu lalu masukkan bahan makanan.

#3 Udara Dingin/Sejuk

Makanan memang akan jauh lebih awet ketika ditempatkan di ruangan bersuhu rendah. Jadi, apabila Anda kebetulan tidak punya kulkas, maka Anda bisa memanfaatkan ruangan bersuhu rendah atau sejuk sebagai alternatif lain.

#4 Dikeringkan

Metode yang satu ini memang hanya bisa diterapkan untuk jenis-jenis makanan tertentu saja, seperti daging dan ikan. Caranya, jemurlah makanan di bawah sinar matahari hingga teksturnya benar-benar mengeras dan kering, lalu simpan di tempat yang bersuhu normal.

#5 Pengasapan

Metode ini sedah diterapkan sejak lama, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pesisir. Biasanya makanan yang lebih banyak diawetkan dengan cara pengasapan adalah ikan dan hasil laut lainnya. Pengasapan ini terbukti dapat mengawetkan makanan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami