11 Tanda Tubuh Anda Alami Dehidrasi
Sumber: Slipondancers.com

Fit & Charming / 29 January 2015

Kalangan Sendiri

11 Tanda Tubuh Anda Alami Dehidrasi

Lori Official Writer
6388
Apa tanda seseorang mengalami dehidrasi? Apa yang menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi? Ya, kita tahu fakta bahwa tubuh kita mengandung 70 persen air. Jadi, tubuh kita memerlukan banyak air sebagai zat gizi yang menunjang kerja seluruh organ tubuh. Saat tubuh tidak mendapat asupan air yang cukup, maka terjadilah dehidrasi.

Dehidrasi yang terjadi dalam waktu yang cukup lama menyebabkan perubahan ritme kerja dan penurunan stamina. Untuk menghindari terjadinya dehidrasi, ada baiknya mendeteksi tanda-tanda dehidrasi dengan beberapa hal ini:

#1 Kelelahan

 Ini adalah salah satu akibat dari dehidrasi yang dialami oleh orang dewasa. Saat Anda mengalami dehidrasi, tubuh akan merasakan kelelahan yang sangat karena pasokan oksigen ke dalam darah turun dan otot dan fungsi saraf bekerja lambat. Hal inilah menjadi sinyal bahwa tubuh Anda kekurangan asupan air.

#2 Warna Urin

Anda juga bisa mendeteksi kondisi tubuh lewat warna urin. Kadangkala, tubuh Anda akan berhenti memproduksi urin untuk sejenak waktu ketika tubuh terserang dehidrasi. Dan biasanya urin akan berubah warna menjadi lebih pekat.

#3 Sembelit

Tanda lain yang disebabkan oleh dehidrasi adalah sembelit. Anda merasa tidak nyaman saat duduk dan begitu gelisah.

#4 Mata kering

Kurangnya asupan air dalam tubuh menyebabkan mata Anda kering. Asupan air yang kurang dalam tubuh bahkan menyebabkan Anda sulit meneteskan air mata.

#5 Jantung berdetak

Jantung membutuhkan tubuh yang sehat dan normal agar berfungsi dengan benar. Jika terjadi penurunan aliran darah dan perubahan kadar elektrolit karena dehidrasi, biasanya jantung akan berdebar-debar.

#6 Merasa kepanasan

Air sangat penting sebagai pengatur suhu tubuh. Saat tubuh mulai panas, kulit akan mengeluarkan keringat. Namun ketika mengalami dehidrasi, tubuh akan berhenti mengeluarkan keringat sehingga badan akan terasa panas.

#7 Kulit tidak elastis

 Dehidrasi juga bisa dideteksi dengan cara mencubit kulit di punggung tangan. Saat kulit dilepas dan kembali normal berarti asupan air dalam tubuh masih cukup. Sebaliknya, ketika kulit dilepas dan tampak lambat untuk kembali normal, berarti tubuh Anda sedang dehidrasi.

#8 Kram otot

Meski belum diketahui pasti bagaimana dehidrasi mempengaruhi fungsi otot namun hal tersebut diduga kuat sangat terkait dengan ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Elektrolit seperti natrium dan kalium adalah ion yang bermuatan listrik yang membuat otot bekerja.

#9 Mulut kering

Saat akan merasa begitu kehausan dan tidak segera minum, maka molut Anda akan secara alamiah mengalami kekeringan. Jadi, mulut kering menjadi indikasi dari serangan dehidrasi.

#10 Pusing dan mual

Dehidrasi juga rentan dengan rasa pusing yang menyerang. Rasa pusing menyebabkan tubuh seperti melayang ketika buru-buru berdiri dari posisi duduk atau tidur. Biasanya hal ini disertai dengan mual dan muntah.  

# 1 Gagal ginjal    

Gagal ginjal adalah salah satu akibat terburuk dari kurangnya asupan air dalam tubuh. Sebab ginjal akan menghadapi waktu yang sulit ketika tubuh kekurangan air dan tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Saat menyadari akibat yang ditimbulkan oleh dehidrasi, ada baiknya bila tetap mengkonsumsi air secara ideal sedikitnya 8 gelas setiap harinya. Salam sehat!

Sumber : Boldsky.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami