Tomohon, Kota Bunga Dengan Balutan Wisata Religi
Sumber: wisataindonesia.asia

Travel / 28 January 2015

Kalangan Sendiri

Tomohon, Kota Bunga Dengan Balutan Wisata Religi

Lori Official Writer
7679
Kota Tomohon atau kota yang akrab disebut Kota Bunga ini menjadi salah satu pilihan wisata terbaik di tanah air. Apa pasal? Hijaunya pegunungan, indahnya laut dan danaunya, beragamnya kuliner dan budayanya menjadi daya tarik kota yang terletak di sekitar 24 kilometer dari Kota Manado, Sulawesi Utara ini.

Berikut wisata yang bisa Anda nikmati di Tomohon, seperti dikutip dari National Geographic Magazine.

Bunga beribu warna dan aroma

Disebut Kota Bunga lantaran disetiap sudut kota Tomohon, Anda akan menemui beragam jenis bunga yang tumbuh subur. Tanahnya yang subur dan udaranya yang sejuk menjadikan Tomohon cocok sebagai tempat bercocok tanam bunga dan sayuran. Kebun bunga biasanya berada di lereng Gunung Lokon. Sepanjang jalan utama kota juga akan dipenuhi dengan toko bunga yang tampak indah dengan beragam warnanya dan wangi dengan semerbak aroma bunganya. Sebagai kota pusat pembudidayaan beraneka ragam bunga, setiap pertengahan tahunnya Tomohon kerap menggelar Festival Bunga Internasional Tomohon.

Pemandangan indah pegunungan hijau

Berada di ketinggian sekitar 700-1000 meter di atas permukaan laut, Tomohon atau Kota Bunga diapit oleh Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Letak geografis itu membuat suhu di Tomohon sejuk. Siang hari suhu berkisar antara 17-30 derajat Celsius. Perjalanan menuju Tomohon cukup menantang, sebab jalanannya naik-turun dan berkelok-kelok. Di sebelah kiri jalan didominasi jurang, sementara si sisi kanan bersemayam perbukitan dengan pepohonan rimbun. Dari sana Anda bisa berhenti sejenak dan menikmati pemandangan birunya lautan Sulawesi yang terbentang luas.

Keelokan Danau dan pantainya

Tiba di Tomohon, Anda bisa mulai menjelajah berbagai tempat wisatanya, mulai dari mengeksplorasi Danau Tondano dan Danau Linow.

Danau Tondano hanya berjarak tiga kilometer dari pusat Kota Tomohon. Areanya mencakup 4.278 hektare. Selain itu, Anda juga bisa mengeksplorasi keindahan lain yang disuguhkan dari Toliang Oki dan Tondano Pante. Anda bisa melihat Laut Maluku di balik Bukit Lembean. Di sekeliling danau terdapat sejumlah restoran yang menyediakan makanan dari ikan dan udang air tawar.

Selain Danau Tondano, Anda juga bisa menikmati Danau Lindow atau danau Tiga Warna dengan warnanya yang kerap berubah-ubah seperti warna hijau tosca, biru laut, sampai coklat.  

Beragam kuliner nan lezat khas Tomohon

Ketika malam tiba, Anda bisa mencicipi beragam kuliner khas Tomohon. Jika tidak mempunyai pantangan menu bersantap, ada ragey atau sate daging babi dengan potongan besar yang dibumbui cuka, garam dan merica, yang pantas dicoba. Makanan lain yang sudah tak asing lain bagi Anda adalah cakalang yang bisa Anda jumpai di Jalan Wakeke.

Di pagi hari, Anda juga bisa menikmati hiruk pikuknya Pasar Tradisional Tomohon. Pada dasarnya, suasana pasar ini sama dengan suasana pasar tradisional lain di Indonesia. Namun, di beberapa sudut terdapat lapak yang biasanya membuat mata orang dari luar Tomohon terbelalak. Di sana terdapat area penjualan daging binatang yang tidak lazim untuk kebanyakan daerah di Indonesia. Terdapat area khusus penjualan daging babi, kelelawar, anjing, kucing hingga tikus hutan. Bahkan ada pula area penjualan daging ular sanca.

Wisata Religi

Selain menikmati pemandangan indah dan kulinernya, Anda juga dapat menikmati heningnya suasana dengan menjelajah beragam wisata religinya. Salah satu yang terkenal adalah Bukit Doa yang terletak di kaki Gunung Mahawu. Pemandangan di sana sangat indah. Areanya dipenuhi pepohonan, taman dan kolam dengan kontur tanah berbukit-bukit. Bagi penganut Katolik, tersedia tempat untuk melakukan Ibadat Jalan Salib dan doa di depan Gua Maria. Ada juga Kapel Santa Maria yang terletak di ujung bukit dengan halaman berumput. Terdapat amfiteater di sana yang menawarkan pemandangan Gunung Lokon yang indah.

Tertarik dengan suguhan keindahan alam dan sedapnya kuliner khas Tomohon? Ada baiknya merencanakan wisata ke Kota Bunga pada Juli atau Agustus tepat pada perayaan Festival Bunga Internasional Tomohon.

Sumber : National Geographic Magazine/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami