6 Bahasa Tubuh Yang Akan Meningkatkan Karir Anda

6 Bahasa Tubuh Yang Akan Meningkatkan Karir Anda

Puji Astuti Official Writer
5319

Bahasa tubuh bisa menyampaikan banyak pesan yang tidak kita sadari dapat dibaca dengan mudah oleh orang lain. Bahkan bahasa tubuh adalah salah satu faktor penting keberhasilan sebuah hubungan, baik dalam keluarga, masyarakat bahkan di dunia kerja. Karena bahasa tubuh bisa memotivasi dan mempengaruhi orang lain bagaimana merespon kepada Anda.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda membangun bahasa tubuh yang baik:

1. Berdiri tegak

Menjaga postur tubuh Anda tetap tegak menunjukkan keyakinan dan kepercayaan diri secara nonverbal. Dengan menjaga postur Anda tegak baik saat berdiri maupun duduk dan dagu yang terangkat menunjukkan bahwa Anda yakin terhadap diri sendiri.

2. Perbaiki cara berdiri Anda

Agar perluas jarak antar kaki saat Anda berdiri. Saat Anda berdiri dengan kedua kaki berdekatan Anda sedang merefleksikan rasa ragu atau tidak yakin dengan pernyataan Anda. Tetapi ketika Anda melebarkan posisi kaki Anda dan lebih rileks serta menumpukan kekutan pada bagian tengah tubuh Anda terlihat kokoh dan percaya diri.

3. Turunkan tekanan suara Anda

Di lingkungan kerja kualitas suara Anda bisa menentukan bagaimana rekan-rekan kerja memandang diri Anda. Suara yang terlalu tinggi bisa dipandang sebagai pribadi yang tidak empati, kurang kuat dan lebih gugup dibandingkan mereka yang tekanan suaranya lebih rendah. Untuk itu Anda perlu melatih cara Anda berbicara, terutama saat berbicara melalui telephone karena orang yang Anda ajak bicara tidak bisa melihat Anda namun bisa menangkap pesan melalui nada suara dan cara Anda berbicara.

4. Pertahankan kontak mata positif

Mungkin Anda seorang introvert atau dibesarkan dalam budaya yang menganggap bahwa memandang langsung pada mata lawan bicara Anda adalah tidak sopan. Namun bagi masyarakat Amerika, Eropa, Australia dan banyak lagi negara lainnya mengharapkan Anda harus melakukan kontak mata 50-60 % saat waktu interaksi.

5. Bicara dengan tangan Anda

Pemindaian otak menunjukkan bahwa bagian otak yang bernama Broca yang berguna untuk mengatur kemampuan mengolah kata-kata bukan hanyak aktif saat bicara namun juga saat kita menggerakkan tangan. Gerakan tangan berkaitan erat dengan pidato, untuk itu saat Anda bicara sambil menggerakkan tangan Anda memberi kekuatan kepada perkataan Anda. Gerakkan tangan Anda hingga lawan bicara Anda melihat telapak tangan Anda, hal ini menunjukkan Anda memiliki sikap terbuka, lebih positif dan persuasif.

6. Tersenyum

Tersenyum bukan hanya membuat perasaan Anda merasa lebih baik namun juga menunjukkan bahwa Anda bisa didekati dan dapat dipercaya. Selain itu otak manusia lebih menyenangi orang yang tersenyum. Bahkan senyuman bisa terlihat dari jarak pandang 300 meter. Selain itu penelitian dari Duke University menunjukkan bahwa wajah orang tersenyum lebih mudah diingat daripada mereka yang tidak tersenyum.

Ketika digunakan dengan benar, bahasa tubuh bisa menjadi kunci yang membawa Anda kepada kesuksesan. Untuk itu kembangkanlah bahasa tubuh yang positif sehingga hubungan Anda dengan sesama bisa menjadi lebih baik lagi.

Sumber : Forbes.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami