Cegah Ekstrimisme Agama, China Larang Burkha

Nasional / 16 January 2015

Kalangan Sendiri

Cegah Ekstrimisme Agama, China Larang Burkha

daniel.tanamal Official Writer
3467
<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Salah satu provinsi di China yaitu Xinjiang melalui parlemennya telah mengesahkan undang-undang yang melarang warga wilayah itu mengenakan burkha di ruang publik. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah ekstrimisme agama.

Pelarangan mengenai atribut agama ini sebelumnya telah dilaksanakan di provinsi lainnya yaitu di Kota Karamay, dimana di kota tersebut diberlakukan larangan bagi warga mengenakan pakaian Muslim, dan melarang pria yang memelihara janggut menggunakan bus kota. Secara spesifik warga dilarang mengenakan Burkha, memelihara jenggot, serta memakai busana yang mengandung simbol bulan sabit dan bintang.

Meski keputusan pemerintah kota Karamay tidak secara khusus menyebut larangan itu berlaku untuk warga Muslim Uighur, kelompok pejuang Uighur di pengasingan mengecam langkah itu dan menyebut aturan tersebut merupakan sebuah langkah bernuansa rasialisme dan diskriminasi.



<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami