Tahun Baru, Kebiasaan Baru

Psikologi / 15 January 2015

Kalangan Sendiri

Tahun Baru, Kebiasaan Baru

Lusiana Official Writer
3050
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]-->

Tahun baru selalu membawa optimisme baru. Orang sangat antusias untuk memulai sesuatu yang baru. Berencana untuk mengembangkan dan belajar hal-hal baru. Salah satu kebiasaan baru yang dapat mulai Anda terapkan  sebagai gaya hidup adalah bangun pagi. Jangan terburu-buru menolak gagasan  ini sebelum Anda menyimak manfaat bangun pagi berikut ini:

1. Lebih mudah berolahraga
Bangun lebih pagi membuat Anda lebih mudah menjadwalkan olahraga. Menurut sebuah studi dalam jurnal SLEEP 2014 yang dipaparkan pada pertemuan tahunan Associated Professional Sleep Societies, seseorang yang tidur terlalu malam sehingga jam tidurnya berkurang akan sulit untuk berolahraga.

2. Lebih ceria
Menurut sebuah laporan studi dari jurnal Emotion tahun 2012 disebutkan bahwa orang-orang yang bangun lebih pagi akan lebih bahagia dibandingkan mereka yang terlambat bangun. Selain itu, bangun pagi juga membuat seseorang lebih sehat sebab rutinitas hariannya menjadi lebih tertata.

3. Lebih proaktif
Orang-orang yang bangun lebih pagi cenderung setuju dengan pernyataan yang menunjukkan tindakan dan pikiran. Mereka cenderung berpikir, “Saya memiliki waktu yang panjang untuk mencapai tujuan. Selain itu, seperti disebutkan dalam Journal of Applied Social Psychology, mereka juga lebih bertanggung jawab.

4. Makan lebih sehat
Orang yang tidur telalu malam sehingga tak bisa bangun pagi rata-rata mengkonsumsi 248 kalori lebih banyak. Tak hanya itu, mereka juga makan dua kali lebih cepat dan mengkonsumsi buah dan sayur setengah porsi lebih sedikit dibandingkan mereka yang bangun pagi. Menurut studi dari Universitas Northwestern, Amerika Serikat, mereka juga memiliki berat badan yang kurang ideal.

5. Terhindar dari depresi
Sebuah studi di Jerman pada tahun 2013 menyebutkan mereka yang cenderung tidur terlalu larut dan sulit bangun pagi memiliki risiko depresi yang tinggi.

Semua orang melihat ke depan untuk membuat hidup mereka lebih baik dari tahun sebelumnya. Dimulai kebiasaan kecil namun dampaknya besar dalam kehidupan kita. Sama halnya dengan memberi, tidak perlu menunggu memiliki cukup banyak uang untuk bisa memberi. Anda bisa memulai kebiasaan memberi dengan menjadi Mitra CBN, donasi yang Anda berikan akan sangat berdampak bagi orang lain.


<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;} </style> Halaman : 1

Ikuti Kami