Styrofoam: Ringan Bobotnya Besar Untungnya
Sumber: Tribunnews.com

Entrepreneurship / 14 January 2015

Kalangan Sendiri

Styrofoam: Ringan Bobotnya Besar Untungnya

Theresia Karo Karo Official Writer
14542
Berangkat dari kreativitas, styrofoam atau gabus dapat menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Produk yang berjenis plastic polystyrene ini bersifat ringan, kaku, tembus cahaya, dan bermolekul padat.

Dengan bahan yang tahan air dan gampang dipotong ini, styrofoam banyak dimanfaatkan sebagai media penyimpanan yang bagus, baik itu untuk keperluan rumah tangga hingga kalangan industri. Selain itu modal penting yang tidak boleh dilupakan dalam memulai usaha ini adalah jiwa seni yang kreatif.

Berbagai macam bentuk dapat diwujudkan dengan styrofoam, seperti hiasan dinding, dekorasi pesta, miniature berbagai benda, alat peraga, dan mainan anak. Selain itu, pangsa pasar dari usaha ini juga masih luas.

Banyak kalangan yang memanfaatkan produk ini, dan masih sedikit yang bergerak di bidang usaha ini. Keuntungan yang bisa diperoleh dari bisnis ini bisa mencapai 50 persen dari total biaya produksi. Bila anda tertarik untuk mencicipi pundi-pundi rupiah dari styrofoam, berikut beberapa hal yang wajib dipersiapkan:

Berjiwa Seni dan Kreatifitas Tinggi
Syarat mutlak yang harus dimiliki adalah memiliki jiwa seni yang tinggi. Ide-ide kreatif dan segar akan mampu menarik konsumen. Untuk itu dituntut memiliki ide-ide kreatif. Omset pasar anda nantinya ditentukan karya yang diciptakan.

Bila anda tidak memiliki hal ini, setidaknya anda berhasil untuk merekrut orang-orang yang terampil memahat dan mengubah styrofoam menjadi karya yang indah. Ide kreatif bisa diambil dari referensi majalah, tayangan hiburan, sesama pelaku bisnis ini, hingga klien.

Supplier Bahan Baku
Selanjutnya, yang juga tidak kalah penting adalah bahan baku usaha. Namun sebelumnya anda harus tahu terdapat dua jenis styrofoam yang dijual di pasaran. Pertama yang berbentuk lembaran. Styrofoam ini biasanya dipakai untuk kerajinan dua dimensi, seperti papan nama, puzzle, pajangan dekorasi, dan lainnya.

Kedua, styrofoam berbentuk balok yang digunakan untuk kerajinan berbentuk tiga dimensi, seperti miniatur rumah, patung, mobil dan berbagai benda tiruan lainnya. Untuk pengadaan bahan, paling tidak anda harus mengantongi modal sebesar 5-10 juta rupiah.

Promosi dan Lokasi
Bila anda tidak ingin susah-susah promosi dan mengeluarkan dana lebih, maka buatlah karya yang memuaskan pelanggan. Karena tanpa disadari, informasi oleh pelanggan yang puas lewat ‘mulut ke mulut’ akan ini lebih efisien, dibandingkan menaruh iklan di koran. Atau bisa juga dengan memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan lainnya. Sehingga anda tidak perlu lagi memikirkan dana untuk mengiklan.

Selain itu, pemilihan lokasi usaha juga menentukan keberhasilan usaha. Sebaiknya pilih bengkel atau tempat usaha yang gampang dijangkau calon customer atau yang ramai penduduk.

Sumber : Kontan/Readersdigest.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami