Yohanes Surya, Mendidik Dengan Metode Tepat

Yohanes Surya, Mendidik Dengan Metode Tepat

Lori Official Writer
8279
<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 MicrosoftInternetExplorer4 </xml><! endif]-->

Masalah pendidikan Indonesia dipandang terjadi akibat ketidakmerataan pendidikan di berbagai wilayah di nusantara. Hal ini diungkapkan oleh Yohanes Surya, Rektor Universitas Multimedia Nusantara dan tokoh pendidikan Indonesia.  

Ia meyakini, tak ada anak yang lahir dengan kualitas bodoh. Persepsi tersebut ditepis oleh pria ahli fisika ini dengan keyakinan bahwa titik persoalan pendidikan disebabkan oleh kualitas guru dan metode pengajaran yang berbeda-beda di berbagai wilayah. “Sesungguhnya tidak ada anak yang bodoh, yang ada itu hanya anak yang belum mendapat kesempatan belajar dari guru yang baik dengan metode yang benar,” ujar Yohanes.

Untuk membuktikan ucapannya, Yohanes lalu melakukan percobaan kepada anak-anak Papua dari desa tertinggal dengan kualitas pendidikan yang sangat rendah. “Kemudian saya mengambil beberapa anak dari sana. Saya membuktikan bahwa mereka itu bukan anak yang ngak bisa diajar. Tapi mereka itu sesungguhnya mempunyai potensi yang besar,” lanjutnya.

Yohanes pun mulai memfasilitasi mereka dengan guru yang baik, termasuk dirinya yang secara langsung turut mengajar. Sejak dididik oleh Yohanes dan rekan pengajar lainnya, sebuah perubahan drastis dialami oleh anak-anak tersebut. Dari anak-anak kelas lima sekolah dasar (SD) yang masih belum dapat menghitung dengan benar, menjadi anak-anak yang berprestasi.

“Bayangkan kelas lima SD ngak bisa ngitung penjumlahan atau pengurangan sederhana itu kan parah banget. Saya bawa ke sini, kemudian saya latih dengan metode yang baik, dengan pendekatan yang baik dan memotivasi mereka, dan juga mengajar mereka cara berpikir yang baik”.

Di bawah didikan Yohanes Surya, anak-anak Papua yang sebelumnya tidak tahu apa-apa akhirnya menjadi anak-anak berprestasi di bidang matematika baik ditingkat nasional hingga Asia. Dari hasil uji coba itulah Yohanes membuktikan bahwa masalah pendidikan ada pada kualitas dan metode mengajar guru.

Sumber : Yohanes Surya

Ikuti Kami