Wah, Terdakwa Narkoba Ini Batal Dihukum Karena Sepatu

Wah, Terdakwa Narkoba Ini Batal Dihukum Karena Sepatu

Lori Official Writer
2186
Dengan bermodalkan sepasang sepatu, seorang pria pelaku Narkoba bernama Jason Duval asal Massachusetts, Amerika Serikat batal menjalani hukuman penjara yang telah diputuskan oleh pengadilan terhadapnya.

Seperti dilansir BBC, Rabu (7/1), kasus yang menimpa pria berusia 39 tahun itu terjadi pada tahun 2012 silam. Pengadilan memberi pilihan bebas bersyarat bila Duval bersedia membayar biaya pengadilan sebesar US$450 atau setara dengan Rp5.7 juta. Namun, dirinya mengaku tidak mampu membayar jaminan setelah kehabisan uang saat mengurus proses perceraiannya.

Kendati begitu, Hakim Douglas Stoddart tetap tidak kompromi dengan kebebasan Duval. Dirinya masih tetap ragu kepada Duval bila harus dibebaskan tanpa jaminan apapun. “Jika Anda bisa mengusulkan gagasan yang kreatif untuk meyakinkan saya, datanglah dan saya akan bekerja sama dengan Anda,” tawar Hakim Stoddart.

Duval pun datang dengan gagasan menjaminkan sepatu barunya, yang merupakan hadiah Natal. Sepatu seharga US$85 atau setara dengan Rp1 juta itu diterima oleh hakim Stoddart. “Ok. Kami terima,” ucap Hakim Stoddart.

Namun pengadilan tetap memberi Duval kesempatan untuk menebus sepatu tersebut jika membayar US$100 atau kerja sosial selama 10 jam.

Terlepas dari kejanggalan tindakan dan keputusan peraturan pengadilan, tindakan Duval mengingatkan kita bahwa di dunia hukum sekalipun kita bahkan bisa menemukan hal unik dan lucu yang terjadi.

Sumber : BBC/Kontan/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami