Bisnis Sukses dalam 1 Tahun, Mengapa Tidak?
Sumber: Google

Entrepreneurship / 5 January 2015

Kalangan Sendiri

Bisnis Sukses dalam 1 Tahun, Mengapa Tidak?

Lori Official Writer
4800
Sudah barang tentu setiap pengusaha mengakui bahwa membangun bisnis bukanlah perkara mudah. Tak sedikit dari para startup atau pemula harus diperhadapkan dengan pahitnya kegagalan atau bangkrut di awal merintis bisnis. Bila kebanyakan dari pengusaha sukses mengaku baru mencapai suksesnya setelah bertahun-tahun lamanya, lalu apakah satu tahun menjadi hal yang mustahil untuk mencapai sukses? Jawabannya, tidak! Anda bisa belajar 5 tips yang mungkin akan membantu Anda membangun bisnis dalam kurun waktu satu tahun.

Pilih ide bisnis yang tengah tren

Sama halnya dengan bisnis internet yang saat ini sedang membanjir, bisnis dalam bentuk apapun itu haruslah mengikuti tren konsumen terkini. Misalnya tren bisnis online yang seperti Anda ketahui belakangan ini tengah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Anda boleh saja memilih peluang besar apa saja yang tampaknya bisa Anda geluti.

Susun rencana dengan matang

Seorang pebisnis sepatutnya sudah mempersiapkan rencana dengan matang sejak memulai usahanya. Seperti seberapa banyak barang produksi, target konsumen, serta strategi marketing yang akan dijalankan. Hal ini bertujuan agar pebisnis dapat mengatur seberapa besar modal yang dibutuhkannya sejak memulai usaha. Jangan sampai bisnis Anda kehilangan arah dan menimbulkan kerugian besar.

Tampil beda

Dunia usaha identik dengan dunia persaingan. Banyaknya pengusaha dengan jalur usaha serupa biasanya akan menjadi tantangan yang cukup sulit. Dengan itu, pebisnis membutuhkan kreativitas untuk menampilkan bisnis yang berbeda dari biasanya. Konsumen bahkan akan kerap memburu produk yang tampak menarik, unik dan berbeda dari yang sudah banyak dipasarkan.

SDM yang terampil

Dalam menjalankan usahanya, pebisnis memerlukan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan fokus di bidangnya. Memang pebisnis harus memakan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan orang-orang dengan kapasitas demikian. Namun pebisnis tetap harus berkorban demi jalannya usaha dengan baik.

Miliki wawasan yang luas

Anda tak akan sukses menjalankan usaha yang Anda bangun bila tidak memahmi betul seluk beluk usaha tersebut. Sehingga penting sekali untuk memperluas wawasan tentang usaha tersebut sebagai modal bagi Anda untuk menghadapi tantangan atau kendala yang mungkin akan muncul di depan.

Sumber : Ciputraentrepreneurship/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami