Tangani Hipertensi dengan 8 Bahan Makanan Ini!

Tangani Hipertensi dengan 8 Bahan Makanan Ini!

Theresia Karo Karo Official Writer
4220

Hipertensi atau yang dikenal juga dengan tekanan darah tinggi, adalah keadaan di mana tubuh mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal. Resiko ini bukan hanya mengincar orang tua tetapi juga berpotensi menyerang pemuda. Sekitar 7 dari 10 orang dewasa beresiko tinggi terkena serangan jantung atau stroke karena tekanan darah yang terlalu tinggi. Umumnya hipertensi menjadi penyebab serangan jantung dan stroke.

Tekanan darah tinggi menyebabkan jantung bekerja sangat keras sehingga dapat merusak pembuluh darah jantung, otak, ginjal, dan mata. Bila tidak segera ditangani, berpotensi menyebabkan kematian. Selain itu sangat penting untuk melindungi asupan untuk menurunkan darah tinggi. Berikut beberapa makanan yang penting untuk menurun darah tinggi:

Yoghurt

Penelitian di University of Minnesota mengemukakan dengan mengkonsumsi yoghurt setiap hari, mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi hingga sepertiga. Hal ini disebabkan kandungan kalsium yang membuat pembuluh darah lebih fleksibel dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Bayam

Bayam sebagai sumber magnesium mampu melindungi anda dari penyakit jantung dan membantu mengurangi tekanan darah. Selain itu kandungan folat dapat melindungi tubuh dari homosistein (asam amino yang tinggi).

Biji Bunga Matahari

Magnesium yang terkandung sangat tinggi dan mengandung pitosterol. Kolesterol tinggi dapat menjadi pemicu tekanan darah tinggi sehingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Lebih baik bila mengkonsumsi kuaci segar tanpa garam.

Kacang-Kacangan

Potasium yang terkandung dalam bahan makanan ini cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Kacang yang terkenal dengan kandungan magnesium dan potasium adalah kacang tanah, almond, dan kacang merah. Selain itu, kacang kedelai terkenal dengan kandungan isoflavon berkhasiat menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi.

Pisang

Penelitian menunjukkan, mengkonsumsi satu pisang sehari membantu dalam mencegah tekanan darah tinggi. Buah khas tropis ini kaya akan serat dan kalium yang berperan mencegah penyakit jantung.

Kentang

Mineral, serat dan potassium sangat baik dalam menstabilkan tekanan darah. Asal cara pengolahannya dilakukan dengan benar, misalnya dengan dipanggang tanpa perlu dikupas.

Cokelat Pekat

Bagi anda pecinta cokelat bisa menikmati kesenangan yang sekaligus membantu menurunkan tekanan darah. Flavonoid dalam coklat membantu  menurunkan tekanan darah dengan merangsang produksi nitrat oksida.

Buah Bit

Buah bit dengan warna merah keunguan yang pekat ternyata kaya akan kandungan nitrat. Jurnal Hypertension menyatakan dengan mengkonsumsi 250 milliliter jus bit dapat menurunkan tekanan darah hingga 7 persen.

Selain makanan, gaya hidup juga harus dirubah karena turut mempengaruhi tekanan darah tinggi. Jangan lupa untuk rutin berolah-raga sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan olahraga ringan paling tidak 3 kali seminggu, selama 30 menit. Hindari alcohol, rokok, serta kendalikan kadar kolesterol jahat sebab obesitas dan kegemukan berpotensi menyebabkan hipertensi.

 

Baca Juga:

Laga Ujicoba, Timnas U-23 Bertolak ke Italia

Sofjan Wanandi: Kelompok Minoritas Jangan Takut Milih

Jelang Pilpres, Jakarta Terima 17 Teror

Shakira dan Santana, Dipastikan 'Tutup' Piala Dunia 2014

KWI Imbau Umat Katolik Dukung Presiden Terpilih

Sumber : Berbagai sumber by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami