Mau Bersihkan Telinga? Sebaiknya Pakai Ini

Mau Bersihkan Telinga? Sebaiknya Pakai Ini

Lois Official Writer
8292

Kotoran di dalam telinga sebenarnya merupakan cairan yang dihasilkan oleh telinga disebut cerumen yang membantu telinga. Namun, kotoran telinga jika terlalu banyak dapat menyebabkan rasa gatal dan mungkin tidak nyaman. Lalu bagaimana sebaiknya membersihkan telinga?

Cotton Bud

Alat ini yang paling dipakai untuk membersihkan telinga, namun sebaiknya hanya digunakan untuk membersihkan lipatan luar telinga. "Anda perlu hati-hati agar tidak melakukan apa yang saya sebut 'cari dan hancurkan', karena Anda bisa saja tanpa sengaja malah mendorong kotoran masuk lebih jauh, atau Anda bisa merusak gendang telinga," ujar J. Randolph Schnitman, MD, otolaryngologist (dokter spesialis THT) di Beverly Hills, California.

Air

Biarkan air masuk ke telinga saat mandi, lalu miringkan kepala untuk membuang airnya, saran Brett Levine, MD, spesialis THT di Torrance, California. Namun pastikan airnya hangat, karena air yang dingin atau terllau panas bisa menyebabkan Anda mengalami vertigo.

Earwax Remover

Jika kotoran telinga Anda tergolong kering bahkan keras, sebaiknya gunakan alat ini. Bila digunakan dengan benar, akan membantu melunakkan kotoran sehingga lebih mudah dibersihkan.

Baby Oil

Anda juga dapat mencoba yang satu ini dengan memiringkan kepala ke satu sisi saat mandi, dan masukkan beberapa tetes saja ke dalam telinga. Tunggu 1 atau 2 detik untuk melarutkan kotoran lalu miringkan kepala ke sisi sebaliknya sehingga kotoran keluar dari telinga.

Di berbagai salon, Anda akan menemukan layanan ear candle atau ear cone, dimana ujung sebuah lilin berongga disulut api, sedangkan ujung satunya dimasukkan ke dalam telinga untuk membuang kotoran. Namun dokter menyatakan bahwa cara ini sebenarnya tidak efektif. Jadi, JANGAN menggunakan ear candle karena bisa menyebabkan cidera seperti terbakar, saluran telinga menutup, dan gendang telinga berlubang.

Jika semua cara tersebut tidak berhasil membuat kotoran keluar, kunjungi dokter spesialis THT yang dapat membantu membersihkan kotoran telinga. "Kadang-kadang kotoran telinga itu keras sekali, dan tetesan baby oil tidak bisa membuatnya lunak. Dokter THT bisa melihat apakah ia bisa menyedot, mengorek, atau meraih sesuatu yang tidak dapat membersihkan diri secara alami," tambah Dr Levine.

 

Baca juga :

Atas Segala Sesuatu

3 Sifat Anak yang Bisa Dicontoh Versi Yesus

Jangan Lagi Korek Kotoran Telinga Anda

7 Kompentisi yang Dimiliki Para Profesional di AFTA 2015

Sumber : kompas.com by lois ho/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami