Maag Kian Parah? Hindari Asupan Ini!

Maag Kian Parah? Hindari Asupan Ini!

Theresia Karo Karo Official Writer
3290

Asupan makanan dan minuman harus menjadi perhatian yang utama. Bila tidak diperhatikan dengan baik, maka lambung berpotensi mengalami gangguan seperti nyeri lambung atau maag. Gaya hidup dan makanan yang tidak sehat juga menjadi pemicu penyakit ini.

Ciri-ciri awal yang muncul adalah ulu hati terasa panas, mual, nyeri di bagian lambung, sering sendawa hingga muntah-muntah. Sebelum semakin parah, hindari makanan dan minuman yang memicu nyeri lambung, seperti berikut:

Kandungan Gas Yang Tinggi

Makanan ini diyakini dapat menyebabkan produksi gas berlebih dalam organ pencernaan. Makanan seperti lemak hewani, sawi, kol, nangka, dan minuman bersoda.

Makanan yang Merangsang Asam Lambung

Makanan ini sangat tidak direkomendasikan bagi penderita nyeri lambung. Contohnya, makanan dengan kandungan kafein yang tinggi seperti kopi dan coklat, minuman beralkohol, anggur putih dan sari buah citrus seperti jeruk. 

Sulit Dicerna Lambung

Bila lambung kosong dalam waktu yang lama, maka akan menyebabkan lambung bekerja dua kali lebih keras. Bila demikian,  maka akan memperparah gejala maag. Berikut makanan yang sulit diolah lambung dan membuat pengosongan lambung lebih lambat, seperti makanan berlemak, kue tart dan keju.

Makanan Yang Merusak Dinding Lambung

Makanan yang mengikis dan merusak lambung ini dapat memperparah penderita maag. Antara lain cuka, makanan pedas, merica, bumbu yang kuat dan bersifat asam.

Karbohidrat

Beberapa sumber makanan yang kaya karbohidrat ini harus diwapadai oleh penderita maag. Mulai dari beras ketan, mie, bihun, jangung, singkong, talas.

Pengosongan lambung secara normal rata-rata terjadi dalam waktu 3 jam setelah pengisian makanan. Penderita maag diharapkan untuk mengkonsumsi makanan ringan agar lambung tidak kosong. Konsumsi makana  ringan sebaiknya dilakukan saat jeda makan pagi ke makan siang dan makan siang ke makan malam. Asam lambung akan terus diproduksi meskipun lambung kosong. Keadaan ini menyebabkan perut perih dan mengikis dinding lambung.

Untuk mengobati maag, anda bisa mencoba beberapa rebusan atau sari makanan. Beberapa ramuan tradisional seperti kunyit, lidah buaya, kemangi hutan, kencur, dan cincau dipercaya dapat meringankan dan menetralisir asam lambung. Jagalah kesehatan lambung anda mulai sekarang!

 


Baca Juga:

Paus Fransiskus: Legalisasi Narkoba Bukan Solusi

Korea Utara Ultimatum Amerika Karena The Interview

Jeffrey Kairupan: Awal Buruk Bisa Berakhir Mulia

Kalah Taruhan Bola, Mahasiswa Bunuh Diri di Kampus

Menang atas Nigeria, Messi Berasal Dari Jupiter?

Sumber : Klikdokter/Kompas.com by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami