Inilah Asal Muasal Jokowi

Nasional / 23 June 2014

Kalangan Sendiri

Inilah Asal Muasal Jokowi

Budhi Marpaung Official Writer
10142

Untuk menjawab kampanye hitam mengenai latar belakang Joko Widodo, Hj. Sujiyatmi – Ibunda Jokowi - menggelar napak tilas di sebuah rumah yang berlokasi di Dukuh Kauman RT003/ RW001 Desa Kranggan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Minggu (22/6/2014). Turut hadir bersama Sujiyatmi di dalam acara napas tilas yang diadakannya antara lain ketiga adik Jokowi, Wahyono (Paman Jokowi) dan keluarga besar mantan Wali Kota Solo tersebut.

Penjelasan mengenai asal muasal Jokowi dipaparkan oleh Wahyono.  Dalam penuturannya, kakek Jokowi adalah Lamidi Wiryo Miharjo. Ia seorang kepala desa (Kades) Kranggan yang menjabat hingga 30 tahun lebih. Adapun istri Lamidi bernama Painem. Dari pernikahan keduanya, lahirlah lima anak laki-laki yakni Wijayatno, Wahyono, H. Mulyono Herlambang, Joko Sudarsono dan Heru Purnomo.

Sang putra pertama, Wijayatno kemudian menikah dengan Hj. Sujiatmi, anak pedagang kayu di Gumukrejo, Kelurahan Giriroto, Kecamatan Ngemplak Boyolali bernama Wirorejo dan pasangannya Sani. Sesuai dengan tradisi masyarakat pedesaan setelah menikah nama Wijayanto mendapat gelar Notomiharjo.

Dari pernikahan Wijayano dan Hj Sujiatmi lahir empat orang anak, bernama Joko Widodo (Jokowi), Hj. Sriyatin, Hj. Idayati dan Hj. Titik Ritawati.

Sementara itu, kepada wartawan, Sujiatmi – sang inisiator napak tilas - berharap dengan diadakannya acara hari itu di kediaman langsung kakek Jokowi, masyarakat luas jadi mengetahui terang benderang dari manakah calon presiden nomor dua tersebut berasal.  

“jadi bukan dari Singapura. Jadi masyarakat biar jelas ini lho asalnya Jokowi,” tandas Sujiatmi.

 

Baca juga:

Putri Presiden Soekarno Yakin Jokowi-JK Menang Mutlak

Jadilah yang Asli

Thread Forum JC: Nobar Piala Dunia 2014

Damai yang Tetap

Mengambil Hati Anak yang Sedang Menangis

Sumber : solopos.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami